Sukses

Indonesia Bangga The Archipelago Singers Sukses Konser 5 Kota di Prancis

Liputan6.com, Jakarta The Archipelago Singers menjadi paduan suara Indonesia pertama yang diundang ke Festival des Choeurs Laureats 2018 di 5 kota di Provence, Prancis pada 23-27 Juli 2018. Tentunya tak mudah untuk bisa diundang salah satu festival paduan suara non-kompetisi paling prestisius di dunia yang sudah diselenggarakan sejak 25 tahun tersebut.

Festival des Choeurs Laureats yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Festival Para Juara Paduan Suara bukanlah ajang biasa. Sebab tiap tahunnya hanya tiga paduan suara dari seluruh dunia yang diundang ke festival tersebut.

Syarat untuk diundang adalah mendapat pengakuan luas sebagai paduan suara berkualitas terbaik. Selain The Archipelago Singers yang mewakili Indonesia, ada paduan suara “Sola” dari Riga Latvia dan “Art' n' Voices” dari Wejherowo, Polandia.

 

 

2 dari 3 halaman

Kebersamaan dalam Keberagaman

Mountburn les bains menjadi kota terakhir tempat konser Archipelago Singer di Provence, Prancis pada Jumat (27/7/2018). Paduan suara yang terdiri dari 31 penyanyi ini membawakan 15 lagu di tiap konsernya.

Selain lagu klasik dan lagu populer tanah air, lagu tradisional seperti Mande Mande, Soleram, dan Tak Tong Tong tak pernah ketinggalan dibwakan. Sebab sesuai dengan komitmen Archipelago Singers untuk mempromosikan semangat "kebersamaan dalam keberagaman".

The Archipelago Singer mempresentasikan keindahan dan keberagaman tanah air yang punya berbagai suku, bangsa, bahasa, dan budaya pada bangsa Eropa.

"Bahkan festival ini jadi salah satu tujuan hiburan musim panas masyarakat pecinta musik klasik di Eropa," ujar Darmawan, Chairman The Archipelago Singers.

3 dari 3 halaman

Diakui Dunia

Pengakuan terbaik datang di tahun 2016 setelah berhasil jadi juara I kategori Paduan Suara Campuran di salah satu kompetisi paduan suara internasional paling bergengsi di dunia, International May Choir Competition Prof. Georgi Dimitrov yang digelar 12-15 Mei 2016 di Varna, Bulgaria.

“Selama 25 tahun malang melintang di dunia paduan suara, saya rasa The Archipelago Singers adalah paduan suara Indonesia terbaik yang pernah saya dengar,“ ujar Christian Balandras, direktur dari Festival tersebut kala itu.

The Archipelago Singers harus melewati perjalanan panjang penuh liku untuk dapat dipercaya tampil di Festival des Choeurs Laureats. Darmawan berjanji dan mewujudkannya untuk memperkenalkan kebudayaan dan keberagaman di Indonesia melalui keindahan seni suara yang ditampilkan secara harmonis.

Artikel Selanjutnya
146 Paduan Suara dari 10 Negara Adu Keren di Sanur Bali
Artikel Selanjutnya
Canis Choir, Koor Seminari Mertoyudan yang Menggetarkan