Sukses

Ayam Bakar Manis Gurih 6 Sambal Jadi Jawara Kompetisi FJB 2018

Ayam Bakar dobel bumbu dengan 6 jenis sambal dari Roodfoodie jadi salah satu pemenang kompetisi di Festival Jajanan Bango 2018

Liputan6.com, Jakarta Mengobati rasa rindu para pecinta kuliner autentik nusantara, Festival Jajan Bango 2018 kembali hadir di Jakarta pada 14-15 April 2018 dan Makassar pada 5-6 Mei 2018. Festival Jajanan Bango tahun ini juga ikut mendukung regenerasi pelestarian warisan kuliner nusantara melalui kompetisi "Bango Penerus Warisan Kuliner 2018'.

Program ini bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif RI (Bekraf RI) yang menghimpun ribuan wirausaha kuliner dari seluruh wilayah di Indonesia, tepatnya 7.335 peserta. Dari serangkaian proses seleksi, akhirnya terpilih lima pemenang yang berhak mengikuti Festival Jajanan Bango 2018 di Jakarta dan Makassar.

Salah satu pemenangnya adalah Ayam Bakar Roodfoodie. Beda dengan menu sejenisnya adalah lebih dari satu bumbu. Rudie Siswanto, Pemilik Ayam Bakar Roodfoodie menggunakan dua bumbu utama yang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sehingga menghasilkan perpaduan rasa manis dari bumbu khas Jawa Tengah dan gurih asin dari bumbu khas Jawa Timur.

 

Ditemui di penyelenggaraan FJB 2018 di Jakarta, Rudie Siswanto selaku pemilik dari Ayam Bakar Roodfoodie ini mengaku bahwa ayam bakarnya ini terinspirasi ayam kecap sang ibu yang menjadi favoritnya.

 

Pria kelahiran Jawa Timur yang lama tinggal di Jawa Tengah ini mengaku terinspirasi dari menu ayam kecap sang ibu yang menjadi favorit. 

"Saya terinspirasi membuat perpaduan unik dengan double bumbu karena lahir di Jawa Timur dan lama tinggal di Jawa Tengah," ujar Rudie di Festival Jajanan Bango 2018 pada Sabtu (14/4/2018).

Rudiemembanderol ayam bakar andalannya seharga Rp 30 ribu. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan seperempat potong ayam kampung berbumbu, nasi, lalapan, kremes, dan serundeng.

Ayam kampung dipilih Rudi sebagai bahan utama karena ayam broiler sudah terlalu mainstream. Lagipula, ayam kampung sendiri memiliki tekstur dan rasa asli Indonesia.

 

 

Ayam ungkep siap digoreng / siap digoreng lalu digeprek mpe level klenger / siap dibakar / siap dibakar lalu digeprek mpe level mampus / siap dikuahin, namun tidak siap dikacangin apalagi dianggurin... . Cocok buat oleh" ke diri sendiri atau bisa juga buat oleh" ke bukan diri ndiri, semisal utk gift pernikahan, gift utk atasan supaya cepat naek pangkat 😁, gift utk bawahan supaya cepet turun pangkat 🙈 (kali" aje Agan ude jenuh jadi atasan mulu pengen sekali" tuker nasib 🙈) 😂 . Oia min omong" apa ayam ini udah mateng? Of course Gan tentu, dimakan begini aja tanpa digoreng tanpa dibakar juga okay kook Gan, disiwir" lalu dicampur ama adonan telor dadar hhhmmm banget daaagh Gan... . . #ayamsemarang #ayamfrozensemarang #ayamungkepsemarang #ungkapanayam #ungkapanayamsemarang #ayamkampungsemarang #ayampejantansemarang #bebeksemarang #bebekungkepsemarang #oleh2khassemarang #oleholehsemarang #olehsemarang #jajankhassemarang #menupreorder #roodfoodie

A post shared by Ayam Bakar ROODFOODIE (@roodfoodie) on

Agar semakin nikmat, Rudie menyiapkan enam pilihan sambal yang bisa Anda coba. Di antaranya adalah sambal manis, sambal korek, sambal bajak, sambal tomat, sambal terasi, dan sambal bawang.

Namun yang menjadi best seller dan menjadi incaran para pecinta kuliner adalah sambal korek. Sambal ini merupakan sambal setengah matang yang terbuat dari cabe rawit dan bawang. Sehingga rasa pedasnya begitu menggigit di mulut.

Jika Anda hendak membawanya ke luar kota atau ke luar negeri, Rudie menyediakan ayam ungkep dalam kemasan vakum beserta bumbu bakarannya. Dengan kemasan seperti ini, Anda bisa membakar ayam sendiri di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.