Sukses

Manfaat Capoeira yang Mampu Menurunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Capoeira adalah seni bela diri yang menggabungkan elemen tari dan akrobatik yang sangat kompleks dengan musik yang menyertainya. Seni bela diri ini berasal dari Brasil yang dikembangkan oleh orang Afrika. Capoeira memiliki gerakan tarian yang juga baik untuk kesehatan. Nah, apa saja manfaat capoeira untuk kesehatan, berikut ulasannya:

 1. Mengurangi Stres

Gerakan pada seni bela diri ini di iringi dengan musik upbeat yang membuat Anda semakin bersemangat. Tanpa kita sadari, saat mendengarkan musik, otak akan membentuk struktur kecil baru berdasarkan rangkaian nada yang kita dengar. Proses ini dapat membantu pola pikir yang lebih baru. Maka dari itu, capoeira dapat menjadi pilihan untuk melepas stres Anda.

2. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Gerakan capoeira fokus pada kombinasi lompatan, tendangan dan jungkir balik. Gerakan-gerakannya dilakukan secara konstan sehingga Anda butuh melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tubuh lebih lentur. Apa hubungannya dengan kekuatan tubuh? Jadi, pada saat Anda melakukan peregangan otot, maka tendon (urat) akan lebih panjang dan Anda akan semakin mudah mempersebar ukuran otot yang bisa digunakan sebagai latihan kekuatan. Membangun serat otot mampu mendorong kerja metabolisme tubuh dan juga makin bugar.

 

 

1 dari 3 halaman

3. Mengurangi Resiko Jantung

Anak-anak sedang berlatih seni bela diri khas Brasil Capoeira di dekat tembok lukisan wajah pemain top dunia, Brasil, Rabu (21/05/2014) (AFP PHOTO/Yasuyoshi CHIBA).

Gerakan-gerakan capoeira ternyata mampu mengurangi resiko penyakit jantung karena mampu membakar lemak yang berada di dinding pembuluh darah. Selain itu, gerakannya juga mampu meningkatkan kerja pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyumbatan. Jika Anda melakukan capoeira selama satu jam, maka kalori yang terbakar bisa hingga 500 kalori.

4. Meningkatkan Metabolisme

Gerakan pada capoeira ini antara lain, tarian, badan menggulung, dorongan, hingga gerakan seperti terbang. Gerakan ini mampu meningkatkan sistem kerja otot lebih optimal hingga berdampak pada metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang cepat, maka pembakaran kalori pada tubuh juga akan berjalan dengan lancar. 5. Membentuk Otot Bagian BawahAda banyak gerakan yang melatih keseimbangan dengan menuntut tubuh harus menunduk dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini akan membuat tumpuan tubuh berada pada bagian tubuh. Gerakan dasar ini akan membentuk fisik yang kuat pada bagian bawah tubuh. Untuk otot yang lebih kuat, maka kombinasikan dengan lari di pagi hari.

2 dari 3 halaman

5. Melatih Kecepatan

Seorang pelatih sedang memperhatikan anak didiknya melakukan gerakan Capoeira di dekat tembok lukisan wajah pemain top dunia, Brasil, Rabu (21/05/2014) (AFP PHOTO/Yasuyoshi CHIBA).

Kecepatan dalam capoeira juga dibutuhkan. Tak hanya cepat, Anda juga butuh kepekaan dalam setiap gerakan. Jika Anda sering berlatih bela diri ini, maka gerakan seperti tendangan dan kayang bisa dilakukan dengan cepat dan tepat. Untuk itu, bagus bagi Anda yang ingin melatih kepekaan dan kecepatan gerakan dengan capoeira.

6. Melatih Koordinasi Tubuh

Capoeira adalah gerakan bela diri yang diikuti dengan menari. Gerakan ini membutuhkan koordinasi antar tubuh sehingga lama kelamaan tubuhmu terbiasa dengan koordinasinya. Gerakan yang lembut, tertata dan berirama ini mampu melatih kooridnasi tubuh yang lebih baik.

Harga Promo Kelas Capoeira

Jika Anda ingin mencoba Capoeira, maka bisa di Viva Brazil Capoeira Indonesia. Ada harga spesial bagi Anda yang menggunakan voucher Lakupon untuk ikut kelas capoeira mulai dari Rp 100ribu saja. Viva Brazil Capoeira Indonesia berada di berbagai wilayah di Jakarta seperti Plaza Festival, WTC, Shangri-La Hotel Fitness Centre, BSD City, Pondok Indah, Cilandak, dll. Lihat lebih lengkap promo ini DISINI.

Artikel Selanjutnya
Tubuh Pendek Susah Turun Berat Badan? Coba Cara Mudah Ini
Artikel Selanjutnya
Intip 4 Menu Sarapan Anti Gemuk