Sukses

Hati-Hati, Ini Tipe Kolega yang Buruk di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda menjalani kehidupan terutama kehidupan kantor, Anda memiliki kebebasan untuk memilih di mana Anda akan bekerja. Namun Anda tidak akan bisa memiliki kolega di kantor Anda. Ini mungkin menjadi alasan bagi Anda tidak mendapat kepuasan dalam bekerja.

Seburuk apapun kolega Anda di kantor, Anda tidak berbuat apapun selain pasrah menerima dia sebagai teman Anda. Kecuali Anda adalah tipikal orang yang tidak perlu bergaul ketika bekerja di kantor. Melansir dari laman Boldsky.com pada Sabtu (31/12/2017) terdapat tipe kolega yang dapat Anda temui di kantor.

1. Banyak bicara

Kolega dengan tipe banyak bicara adalah orang yang tidak memahami nilai dari waktu. Mereka akan terus berbicara tanpa memerdulikan mood atau keseriusan Anda mendengarkan mereka. Situasi tersebut akan menjadi lebih buruk ketika orang tersebut terus membicarakan hal negatif.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

1 dari 4 halaman

2. Penganggu

Orang dengan tipe ini akan merasa begitu sempurna dan seakan menjadi penjilat di depan atasan Anda. Kolega seperti ini bisa membuat Anda gila di kantor karena ia mampu mengendalikan situasi. Ia akan berusaha menghilangkan motivasi Anda dalam bekerja sehingga Anda merasa kurang percaya diri terhadap pekerjaan Anda.

Sebenarnya, mereka adalah tipe orang yang merasa tidak aman dengan situasi mereka. Sehingga mereka akan terus mengganggu orang lain untuk mengatasi rasa tidak aman mereka.

3. Kolega yang memiliki komitmen berlebihan

Mereka adalah kolega yang selalu membuat Anda merasa bahwa pekerjaan Anda tidak lebih baik dari yang mereka lakukan. Mereka akan melakukan pekerjaan lebih dari yang seharusnya untuk menarik perhatian atasan Anda. Secara tidak langsung, ini akan memberikan tekanan lebih pada pekerjaan Anda. Biasanya mereka akan selalu pulang terlambat dari kantor.

4. Mantan karyawan

Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, akan ada banyak orang yang masuk dan keluar dari perusahaan. Jika Anda memiliki hubungan dekat dengan mereka yang akan resign, dan keputusannya untuk resign memberikan dampak negatif pada atasan Anda, usahakan untuk tidak menunjukkan kedekatan Anda di depan atasan.

2 dari 4 halaman

5. Pembangkang

Mereka akan menjadi orang yang paling cuek yang Anda temui di kantor. Mungkin Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu dengannya karena ia yang suka melanggar peraturan perusahaan. Namun ia akan menjadi pengaruh buruk bagi Anda. Mereka akan sering terlihat pulang terlambat dari kantor dan ia akan lebih sering terlibat adu argumen dengan atasan. Sebaiknya Anda agak menjaga jarak dengan kolega dengan tipe ini karena akan mengancam karir Anda.

6. Nepotisme

Mungkin Anda pernah melihat karyawan yang sebenarnya tidak memiliki banyak bakar namun lebih sering mendapatkan kesempatan untuk promosi jabatan. Bahkan promosi jabatan yang diberikan, tidak mempertimbangkan karyawan lain yang sebenarnya jauh lebih berkualitas. Menjalani hubungan nepotisme dalam pekerjaan menjadi salah satu keberuntungan dalam bekerja. Lebih baik Anda tetap melakukan yang terbaik untuk pekerjaan Anda dan Anda akan mendapatkan hasil yang setimpal.

7. Karyawan gosip

Setiap kantor pasti memiliki raja atau ratu gosip. Bagian terbaik dari mereka adalah mengetahui rahasia terdalam dari karyawan lain untuk dibicarakan. Anda harus lebih berhati-hati dengan kolega tipe ini karena seirit apapun ia berbicara tetap akan membawa Anda ke dalam masalah yang besar. Ingat akan satu hal bahwa cara dia membicarakan orang lain akan sama dengan cara dia membicarakan Anda di belakang Anda.

3 dari 4 halaman

8. Ambisius

Orang dengan seperti ini biasanya memang memiliki kemampuan lebih dan ambisi yang tinggi untuk mendapatkan promosi jabatan di perusahaan. Mereka adalah tipe kolega yang fokus dan mereka merasa bahwa mereka adalah atasan di masa depan. Saking ambisiusnya, mereka bisa menjatuhkan kerabat kerja mereka untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

9. Mata-mata atasan

Setiap kantor setidaknya memiliki 1 orang yang menjadi mata-mata bagi atasan dan menjadi pengganggu bagi orang lain tanpa alasan yang jelas. Yang terburuk adalah jika apa yang mereka lakukan akan selalu mendapat dukungan dari atasan dan mendapat respon positif atas tindakan mereka dari atasan. Mereka akan selalu mencari tahu apa yang sedang Anda kerjakan. Jika tidak sesuai dengan standar yang ada, Anda dilaporkan ke atasan.

10. Tidak bekerja

Mereka adalah kolega yang terbilang alergi dengan pekerjaan mereka. Mereka terlihat tidak melakukan pekerjaan mereka sesuai dengan tugas mereka karena mereka hanya menghabiskan waktu dengan browsing. Sedangkan di akhir bulan, ia mendapat gaji yang sama dengan Anda meski ia tidak melakukan apapun.

Artikel Selanjutnya
7 Tips Ini Bantu Kamu Merasa Lebih Bahagia di Kantor
Artikel Selanjutnya
Jenuh dan Lelah dengan Pekerjaan Kantor? Buruan Atasi dengan 5 Cara Jitu Ini