Sukses

Lukisan Mosaik Telanjang Ini Dibuat dari 20.000 Paku

Uniknya, orang buta bisa 'melihat' lukisan mosaik telanjang ini dan merasakan bentuk lukisan menggunakan indera peraba.

Liputan6.com, Jakarta Bruce Mackley, seorang seniman yang fokus pada karya-karya patung, desain grafis, dan lukisan baru saja menyelesaikan karya terbarunya. Berbeda dengan karya-karya sebelumnya, Mackley kali ini memanfaatkan puluhan ribu paku untuk dijadikan sebuah lukisan mosaik telanjang yang menakjubkan. Sebanyak 20.000 paku disusun dengan sangat cermat ke dalam bingkai yang kemudian diberi warna sesuai dengan kedalaman paku.

Terkait dengan karyanya ini, Mackley seperti yang dikutip dari laman Boredpanda, Jumat (15/9/2017) mengatakan, “Membuat ini bisa sangat membosankan sekaligus menantang, perlu keluwesan tangan karena bekerja dengan pengulangan yang sangat lama.”

Mackley sendiri mengakui bahwa dirinya menghabiskan waktu hingga ratusan jam dengan susah payah, mengerjakan bagian demi bagian, mengatur dan menyesuaikan kembali warna paku untuk mendapatkan efek tertentu yang diinginkan. Kesabaran dan fokus sangat dibutuhkan untuk menghasilkan efek tiga dimensi pada mosaik.



Dengan 20.000 paku sebagai bahan pembuatan, terbayangkah di benak Anda berapa berat lukisan tersebut? Setelah ditimbang, berat lukisan mosaik ini mencapai 160 kilogram dengan tinggi hingga 7 kaki atau sekitar 2 meter lebih.

Untuk membawa dan memindahkan lukisan, Mackley bahkan membuat sendiri troli khusus. Uniknya, orang yang tidak bisa melihat atau buta, bisa merasakan objek lukisan dengan meraba seluruh bagian lukisan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini