Sukses

Berisi Tengkorak, Rumah Bangkawan Dayak Dusun Simpan Rahasia

Kebudayaan Dayak Dusun ternyata simpan rahasia dalam Rumah Bangkawan yang penuh tengkorak didalamnya.

Liputan6.com, Jakarta Kebudayaan Dayak Dusun ternyata menyimpan berbagai hal yang belum diketahui, salah satunya keberadaan Rumah Bangkawan dengan tengkorak di dalamnya. Terlihat menyeramkan bagi orang biasa, ternyata banyak fakta mengejutkan di dalamnya. Apa saja rahasianya?

Dibangun oleh suku Dayak Dusun di Kalimantan, kebiasaan ini sering dilakukan di Indonesia maupun di Malaysia. Tengkorak manusia asli yang disimpan di dalamnya, merupakan kepala para musuh yang berhasil dilawan. Nantinya, kepala musuh yang sudah dipenggal akan dimasukkan dalam sebuah kotak yang dapat dilihat dari jalan utama desa.

Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, karena masyarakat Dayak percaya rumah ini memberikan kekuatan besar yang dapat melindungi mereka. Mulai dari menjaga desa dari gangguan lawan, hingga mendatangkan aura baik ke dalam desa. Makin banyak tengkorak yang ada di dalam Rumah Bangkawan, maka makin takut lawan yang akan menyerang mereka.

Tidak hanya itu, tengkorak dalam rumah ini dianggap seperti simbol keberkahan dan juga keselamatan bagi suku Dayak Dusun tersebut. Karena para pahlawan yang berhasil menumpas para lawan, berarti memberikan kedamaian bagi seluruh desa. Hingga saat ini, Rumah Bangkawan sendiri masih dapat ditemui di beberapa daerah di Provinsi Kalimantan Utara dan menjadi kearifan lokal yang selalu dijaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.