Sukses

Gua Es Terbesar di Dunia Ini Selalu Berubah Setiap Tahun

Liputan6.com, Jakarta Gua es terbesar di Tiongkok terletak gunung Luya, provinsi Shanxi, memiliki permukaan es yang terus tumbuh. Terletak di ketinggian 2.300 meter, gua ini berkedalaman 100 meter dan terbentuk 3 miliar tahun yang lalu, seperti yang dilansir dari Chinadaily.com.cn pada Jumat (14/10/2016).

Gua es ini menyimpan banyak keunikan, salah satunya adalah bentuk gua yang selalu berubah tiap tahunnya, hal ini disebabkan karena proses pendinginan air yang terjadi setiap waktu. Keunikan lainnya adalah, pada umumnya gua es hanya ditemui pada tempat yang memiliki suhu ekstrim seperti Antartika dan Siberia. Namun, tidak dengan gua ini yang ketinggiannya sama dengan Lisbon, Portugal.

Karena keunikannya, tempat wisata ini hanya dibuka untuk pengunjung pada bulan April hingga Oktober setiap tahun. Pada setiap harinya hanya 3 ribu orang yang diperbolehkan masuk gua Karena es yang selalu tumbuh, semua tangga yang ada dalam gua es selalu dibersihkan dua hari sekali.

Dahulu masyarakat yang ada di sekitar gunung percaya bahwa es dari gua ini dapat menyembuhkan penyakit. Sekarang, kegiatan mengambil es dari dinding gua dilarang untuk melindungi tempat tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS