Sukses

Gaya Baru Sri Mulyani Perkuat 8 Srikandi Kabinet Jokowi-JK

Sri Mulyani menambah anggota srikandi Indonesia dalam jajaran menteri perempuan dalam kabinet Jokowi-JK

Liputan6.com, Jakarta Terpilihnya Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan dalam reshuffle Kabinet Kerja kembali menambah skuat Srikandi Jokowi-JK. Masuknya Sri Mulyani menorehkan sejarah dalam Kabinet Jokowi-JK. 

Untuk pertama kalinya dalam sejarah RI, sebanyak sembilan wanita menempati posisi menteri. Berbeda dengan masa pemerintahan SBY pada periode kedua, kala itu hanya ada empat menteri perempuan.

Menteri-menteri itu adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari, dan Kepala Bappenas Armida Alisjahbana.

Sedangkan pada masa pemerintahan Megawati hanya ada dua menteri perempuan, yaitu Rini Soemarno dan Sri Redjeki Sumarjoto.

Retno Lestari Prisna

(foto: poskotanews.com)

 

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti adalah pengusaha yang didaulat Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019

Warna rambut kemerahan menjadi ciri Menteri Susi. Jika tidak digerai, ia akan mencepol rambutnya. Gaya busananya pun "semau gue" tapi ia bisa menempatkan diri di segala suasana. 

 Siti Nurbaya Bakar

Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

 

Puan Maharani

Puan Maharani Menko Bidang Manusia dan Kebudayaan

Kemeja merupakan outfit favorit Puan Maharani. Selain warna putih, ia memiliki banyak koleksi kemeja polos warna terang atau bermotif kotak-kotak. Rambutnya tebal indahnya pun kebanyakan dibiarkan terurai. 

Tak ada perhiasan yang menempel di tubuhnya. Sesekali ia mengenakan giwang untuk mempermanis tampilannya. 

 Nila F. Moeloek

Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek.

Berbagai model dan motif batik kerap terlihat dipakai oleh Nila F. Moeleok. Cutting modern membuat penampilannya kekinian. Ia juga selalu menyasak rambut yang menjadi signature style-nya. 

 

Khofifah Indar Parawansa

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

Khofifah dikenal dengan gayanya yang selalu colourfull. Hijab polos berbagai warna pernah dicobanya. Mulai merah, biru, hijau, kuning, dan warna gelap gonta-ganti dipakainya. Ia pun setia dengan model hijab sederhana. 

 

Yohana Susana Yambise 

 Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yambise.

Rini Mariani Soemarno.

 Mentri BUMN, Rini Mariani Soemarno

 

Sementara itu setelah mengalami perubahan kabinet jilid II kemarin, Presiden Jokowi menempatkan kembali Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

 

 Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Salah satu perubahan mencolok dari Sri Mulyani adalah mengganti kacamata dengan frame lebih tebal dan berwarna gelap. Gaya barunya membuat Sri Mulyani terlihat lebih muda. Begitu juga dengan potongan rambut bob, meski setia dengan bentuk poni yang sama. 

(Dearni Grasia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.