Sukses

5 Hal Seru dalam Traveling Ini Hilang Ditelan Zaman

Dulu pada masa jayanya wisatawan masih bergantung pada hal ini. Akibat perkembangan zaman, kini 5 hal ini hilang ditelan zaman.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangan teknologi, tak pelak lagi kini dunia traveling pun terkena imbasnya. Perkembangan zaman dengan hadirnya dunia digital membuat semua orang tidak lagi bergantung pada orang lain namun pada produk-produk digital. 5 hal ini kini sudah jarang ditemui lagi akibat perkembangan zaman.

Teknologi telah mengubah cara wisatawan untuk traveling. Mulai dari hal yang sederhana seperti mencari tiket pesawat online hingga melakukan reservasi hotel pun secara online. Semua dapat dilakukan hanya dalam genggaman tangan melalui telepon genggam.

 Baca Juga

Roll Film

Kapan Anda terakhir kali mencetak foto dari roll film? Atau mengambil foto dengan kamera analog? Berkat keberadaan kamera digital, tidak ada lagi rasa penasaran dan keseruan menanti hasil cetak roll film dari kamera analog. Sekarang traveler banyak yang membawa smartphone berkamera dan kamera digital untuk traveling. Kamera digital dianggap sebagai penyebab turunnya pamor roll film kamera analog. 

Peta

Ucapkan selamat tinggal kepada peta kertas. Meskipun beberapa orang masih memakai barang ini sebagai sebuah souvenir atau dicantumkan dalam undangan pernikahan, namun peta kertas bisa dibilang sudah jadi barang langka. Kini, banyak yang menggunakan aplikasi navigasi di smartphone untuk mencari jalan. Aplikasi online seperti google maps di smartphone perlahan tapi pasti mulai banyak dipakai untuk menggantikan peta kertas. Bahkan dengan menggunakan GPS offilne pun kini Anda sudah bisa dipandu hingga ke tempat yang dituju. Meski begitu, Anda tidak boleh percaya 100% dengan pemandu online karena basis peta yang Anda harus gunakan harus selalu diperbaharui sesuai perkembangan kondisi di lapangan sebenarnya.

Kartu Telepon

Dulu, sebelum smartphone mulai menjamur, kartu telepon wajib ada ketika Anda traveling. Entah sekedar untuk menghubungi orang-orang dekat atau berjaga-jaga untuk panggilan darurat. Kartu pulsa berbayar masih dibutuhkan ketika berkomunikasi masih sering menggunakan telepon umum. Kini kartu telepon sudah sangat jarang digunakan seiring dengan semakin langkanya penggunaan telepon umum. Keberadaan telepon umum yang abadi hanya terdapat di bandara dan hotel tertentu saja. Kini semua orang sudah hampir menggenggam smartphone-nya untuk berkomunikasi.

Cek Jadwal Penerbangan Menggunakan Telepon

Terminal 3 ultimate bandara Soekarno Hatta akan menjadi terminal terbesar yang berada di bandara Soeta.

Sebelum zaman menjadi semakin modern, cara paling gampang mengecek jadwal penerbangan adalah dengan menelepon maskapai penerbangan atau agen perjalanan. Pun sekarang ada beberapa orang yang masih melakukan hal yang sama seperti dulu. Masih memesan tiket pesawat melalui agen perjalanan. Namun, kini semakin bergeser dengan cek penerbangan bahkan booking tiket pesawat secara online.

Sahabat Pena

Wisatawan masa lalu memiliki kebiasaan menambah sahabat pena sepulang berlibur. Dengan memiliki sahabat pena wisatawan memiliki kegemaran berkirim surat melalui kantor pos bahkan mengoleksi prangko dan kartu pos. Kini wisatawan tidak lagi saling berkirim surat namun tinggal bertanya akun media sosial. Layanan percakapan instan pun membuat gaung sahabat pena semakin tak terdengar lagi.

Pesan tiket murah untuk mudik hanya di Reservasi.com

(Reservasi.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini