Sukses

Ada Bali di Jakarta

Sejak abad ke-17, beberapa perkampungan di Jakarta telah menjadi tempat tinggal orang-orang Bali.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa kampung di wilayah Jakarta yang menggunakan nama Kampung Bali. Hal tersebut bukan tanpa sebab, sejak abad ke-17, beberapa kampung di Jakarta memang menjadi wilayah tempat permukiman orang-orang Bali.

Menurut buku ‘Asal-usul Nama Tempat di Jakarta’ tulisan Rachmat Ruchiat, yang dikutip Senin (29/2/2016), untuk membedakan nama Kampung Bali yang satu dengan yang lainnya, kini penyebutan nama Kampung Bali juga dilengkapi dengan nama kawasan tertentu yang berdekatan. Seperti Kampung Bali Jatinegara yang kini dikenal dengan nama Bali Mester.

Berbeda dengan itu, Kampung Bali Krukut yang terletak di sebelah barat Jalan Gajah Mada, dahulu dikenal dengan nama Molenvliet West. Di sebelah selatannya, perkampungan ini berbatasan dengan tanah milik Gubernur Jenderal Reinier de Klerk. Di tanah itu, dirinya membangun gedung peristirahatan yang ini dijadkan sebagai Gedung Arsip Nasional.

Tak hanya di ada di kawasan Jatinegara dan Krukut, Kampung Bali juga ada di kawasan Angke, Jakarta Barat. Menurut catatan sejarah, orang-orang Bali yang dipimpin langsung oleh Gusti Ketut Badulu telah menempati kawasan tersebut sejak 1709. Bersebelahan langsung dengan perkampungan Bugis, kawasan Kampung Bali Angke dikenal dengan sebutan Kampung Gusti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.