Sukses

6 Hal Menarik Saat Berwisata ke Timor Leste

Patung Perawan Maria di puncak gunung menjadi salah satu daya tarik wisata Timor Leste.

Liputan6.com, Jakarta Timor Leste merupakan negara kecil pecahan Indonesia yang dahulu masuk dalam Provinsi Timor Timur. Memiliki luas sekitar 15.000 km persegi, negara yang berada di Pulau Timor bagian timur ini didominasi relief pegunungan. Tak heran jika Timor Leste memiliki banyak tempat menawan yang menyuguhkan pemandangan spektakuler.

Tak hanya itu, berkembang sebagai negara merdeka sejak 2002, Timor Leste ternyata menyimpan berbagai destinasi wisata yang unik dan mempunyai ciri khasnya sendiri. Seperti yang dikutip dari laman badan pariwisata Timor Leste, Kamis (7/1/2015), berikut 6 hal menarik yang ada di Timor Leste.

Gunung Ramelau
Gunung Ramelau merupakan gunung tertinggi di Timor Leste dengan ketinggian sekitar 2.986 m dpl. Berlokasi sekitar 70 km dari pusat kota Dili, gunung ini menjadi salah sati destinasi wisata unggulan yang ada di Timor Leste.
Jika Anda mendambakan treking santai untuk mencapai ketinggian 1.900 m dpl, Anda bisa mengunjungi Gunung Tatamailau. Untuk mencapai puncaknya, pengunjung bisa menggunakan fasilitas Jeep WD, sebelum dilanjutkan dengan treking. Tatamailau menjadi menarik lantaran di puncaknya terdapat patung Perawan Maria setinggi 3 meter.

Diving dan Snorkeling
Tak hanya menyajikan pemandangan taman laut yang menawan, lokasi pusat diving dan snorkeling di Timor Leste juga sangat mudah dijangkau. Sebagian besar lokasi menyelam berada di Dili atau dekat dengan Maubara di barat. Bagi wisawatan yang ingin belajar menyelam, berbagai spot menyelam yang ada di Timor Leste juga sudah dilengkapi dengan program sertifikasi menyelem yang dikeluar secara resmi oleh PADI.

Kopi Lokal
Kopi Timor Leste dikembangkan secara alami dan memiliki rasa yang tidak kalah dengan kopi Indonesia. Tradisi menanam kopi awalnya dikenalkan oleh bangsa Portugis. Metode yang digunakan adalah dengan memanggang biji kopi sampai berubah warna menjadi hitam. Selain aromanya yang menggugah, kopi Timor Leste memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga nyaman di mulut. Kopi Timor Leste mudah ditemukan di pasar tradisional Dili dan kerap menjadi buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke negara ini.

Kerajinan Kain Tenun
Kain Tais merupakan kain tenun lokal yang biasa diproduksi oleh kaum perempuan dengan menggunakan alat tenun tradisional. Selain kopi, kain tenun khas ini juga menjadi oleh-oleh khas Timor Leste. Bukan pekerjaan yang mudah membuat kain dengancorak yang rumit, dibutuhkan keahlian dan kesabaran dalam proses pembuatannya. Jika Anda ingin membeli kain ini, membelinya langsung ke perajin harganya akan lebih murah.

Arsitektur 
Arsitektur perumahan di Timor Leste sangat unik mengikuti gaya Portugis. Rumah Fataluku misalnya, rumah yang menjadi ikon Timor Leste ini memiliki bentuk yang memanjang. Bentuknya seperti rumah panggung, dengan atap yang terbuat dari jerami. Jika Anda berkunjung ke wilayah Lantern dan Lospalos, Anda akan menyaksikan rumah tradisional Fataluku yang masih asli.

Pasar Tradisional
Banyak barang unik yang bisa Anda temukan saat mengunjungi pasar tradisional di Timor Leste. Mulai dari perhiasan tradisional, kerajinan tradisional, hingga tas rajut. Di pasar tradisional Anda akan menemukan keramahan Timor Leste yang sesungguhnya.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini
**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini