Sukses

3 Fakta Mencengangkan tentang Kesepian

Liputan6.com, Jakarta Manusia adalah makhluk sosial. Artinya, manusia perlu berinteraksi dengan manusia lainnya. Namun banyak sekali kondisi yang terkadang memang membuat seseorang merasa kesepian. Jika Anda sedang merasa sendiri dan kesepian, jangan berlarut-larut dalam kondisi tersebut. Segeralah beranjak dan carilah lingkungan yang bisa membuat hati Anda tidak sepi lagi. Pasalnya, ada beberapa fakta mencengangkan tentang kesepian seperti dikutip dari Listverse (17/11/2015) berikut ini.

1. Kesepian Bukan Isolasi Sosial

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University College London, ternyata kesepian dan terisolasi secara sosial adalah kondisi yang berbeda. Terkadang ada orang yang hidup jauh dari orang lain tapi tidak merasa kesepian. Justru ada orang yang sering berkumpul dengan keluarga tapi masih saja merasa kesepian. Ternyata isolasi sosial memiliki dampak yang lebih berbahaya bagi seseorang. Karena itu ketika Anda kesepian, jangan sampai menuju ke taraf terisolasi secara sosial.

2. Otak Menyebabkan Kesepian

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago mengatakan bahwa seseorang bisa mengalami kesepian karena kurangnya aktivitas otak. Jika berkepanjangan, kondisi tersebut bisa membuat seseorang mengalami isolasi sosial. Bahkan ketika sedang kesepian pun otak bisa memberikan respons yang berbeda saat memproses suhu dingin. Orang yang kesepian ternyata bisa merasakan suhu lebih dingin ketimbang orang yang tidak kesepian.

3. Makanan Pengusir Kesepian

Jika Anda punya makanan favorit, ini bisa menjadi senjata Anda ketika merasa kesepian. Sebuah studi di University of Buffalo membuktikan bahwa kesepian seseorang bisa berkurang ketika mereka memakan makanan favorit mereka, misalnya seperti makanan buatan ibu, kue kesukaan, dan sebagainya. Bahkan dampak yang sama juga bisa terjadi meskipun seseorang hanya memikirkan makanan favoritnya saja, bukan memakannya.

Unik sekali bukan fakta-fakta tentang kesepian tadi? Tapi ada lagi satu fakta mencengangkan yang mengatakan bahwa seekor hewan bisa mati saat mereka kesepian. Wah, ternyata bukan hanya manusia saja ya yang bisa merasa kesepian. Jadi sebaiknya jangan sampai kita merasa kesepian supaya hidup tetap sehat dan bahagia.

(Muhammad Sufyan)**

 

Loading