Sukses

Tampilkan Kualitas Berbahasa Inggris di Karir.com,Raih Job Impian

Kini kamu bisa menampilkan kualitas berbahasa Inggris yang dimiliki di Karir.com.

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan hasil riset EF (English First), English Proficiency Index (EPI) terhadap 750.000 pengambil tes di 63 negara, tingkat penguasaan Bahasa Inggris Indonesia mendapat predikat “Moderate Proficiency,” yakni di peringkat ke-24 dengan skor 52,74. Di Asia sendiri, Indonesia mendapat peringkat ke-6 setelah Malaysia (59,73), Singapura (59,58), Korea Selatan (53,62), India (53,54) dan Jepang (52,88).

Menurut peneliti ASEAN Study Center, kualitas angkatan kerja Indonesia masih minim khususnya yang menguasai Bahasa Inggris. Hal ini merupakan tantangan yang besar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015. “Saat ini kebutuhan akan talenta yang mampu berbahasa Inggris menjadi suatu keharusan, bahkan tak hanya di perusahaan-perusahaan besar atau korporasi dan organisasi internasional, namun juga perusahaan-perusahaan lokal,” jelas Director of Business Development Karir.com Rosy Mentang.

Menjawab kebutuhan perusahaan dan organisasi akan calon pekerja yang mampu berbahasa Inggris Karir.com dan EF bekerja sama meluncurkan alat tes bahasa Inggris EFSET widget di situs Karir.com. Melalui tes dari EFSET ini, calon pelamar dapat mengetes kemampuan Bahasa Inggrisnya, lalu memajang hasilnya di halaman profilnya di Karir.com. Perusahaan atau HRD kemudian dapat melihat skor pelamar di halaman profil tersebut.

Patricia Setyadjie selaku Country Manager EF English Center for Adults Indonesia mengatakan, “Penyusunan EFSET melibatkan para ahli assessment top dunia, yakni Dr. Lyle Bachman (Bapak Assessment Bahasa Dunia), Dr. Mari Pearlman (mantan Vice President ETS) dan Dr. Richard Luecht (ahli psikometrik).”

Tes EFSET yang difiturkan di situs Karir.com akan menganalisa kemampuan Bahasa Inggris calon pelamar dalam tiga level: basic, medium, high. Tes terdiri dari satu sesi kemampuan membaca (reading) dan satu sesi kemampuan mendengarkan (listening). Total ada 10-15 pertanyaan. EFSET menggunakan mesin Pengujian Multitahap Adaptif Komputer, sehingga meski seorang Pencari Karir melakukan tes ini berulang-ulang, pertanyaannya tidak akan sama.

Setelah menyelesaikan tes selama 15 menit secara online, hasil tes akan tampil di halaman Pencari Karir di situs Karir.com. Pencari Karir dapat melakukan tes lebih dari satu kali dan bisa memilih ingin menampilkan skor tes di halaman profilnya atau tidak. Perusahaan atau HRD bisa melihat skor pelamar dengan membuka halaman profilnya dan menjadi pertimbangan dalam rekrutmen.

Seperti dikutip dari rilis media yang diterima Liputan6.com, EFSET bisa diakses di alamat karir.com/efset.

 

(bio/igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini