Sukses

Kapan Harus Mengganti Peralatan Masak?

Peralatan masak yang sudah tidak berfungsi baik bisa mempengaruhi kualitas atau kebersihan masakan Anda. Jangan ragu untuk menggantinya.

Liputan6.com - Apa di dapur Anda ada spons yang sudah rombeng atau papan pemotong yang retak-retak? Jangan tunda untuk menggantinya.

Bukan hanya penggunaannya yang tidak praktis lagi, alat-alat masak yang usang juga bisa mempengaruhi kualitas masakan, bahkan kebersihan makanan.

Seperti dilansir dari situs Pop Sugar pada Senin (3/8/2015), inilah panduan kapan Anda harus mengganti peralatan memasak sesuai dengan jenis-jenisnya.

 

Wajan anti lengket
Ganti saat permukaan wajan sudah terlihat penuh goresan. Untuk membuat alat ini tahan lama, hindari penggunaan sodet besi saat memasak makanan di atasnya.

Papan potong kayu
Dengan perawatan yang telaten, papan potong kayu bisa bertahan seumur hidup. Namun, waktunya Anda untuk mengganti alat ini jika sudah terlihat banyak bekas potongan dan ada retak.  Ini bisa mempengaruhi keamanan memotong bahan masakan dan kebersihan.

Kontainer plastik
Jangan lagi gunakan kontainer plastik yang sudah ada retakan, atau yang penutupnya tidak bisa menutup rapat lagi. Waspadai juga kontainer yang berbau walau sudah dicuci.

(ikr)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.