Sukses

Batu Akik Tojo Unauna Suda Bersertifikat

Puluhan jenis batu akik di Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, sedang diuji laboraturium untuk diberikan sertifikat.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perusahaan yang bergelut di bidang geologi, eksplorasi, pertambangan dan batu permata di Bandung, Gem-Afia Group akan memberikan pengakuan bersertifikat bagi puluhan jenis [batu akik](2192802 "") di Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah.

Menurut mantan Ketua DPRD Tojo Unauna sekaligus penggagas Ampana Art Festival 2015, Syamsurijal Labatjo, hal tersebut lakukan karena daerah Tojo Unauna memiliki kekayaan batu permata berkualitas baik.

Sudah terdapat lima jenis batu akik yang diterbitkan sertifikatnya, sementara 23 jenis batu akik lainnya masih dalam proses sertifikasi seperti yang dikutip dari laman AntaraNews, Kamis (19/3/2015).

Lima jenis batu akik yang sudah bersertfikat di antaranya adalah Gabbro Variety 6.5 Mohs dengan berat jenis 3,04 mohs, Natural Green Opal 6.5 mohs dengan berat 2.04, Natural White Opal dengan berat jenis 6.5 Mohs, Brown Marble dengan berat jenis 3 Mohs, dan Diorite Variety dengan berat jenis 6.5 mohs.

Jenis-jenis tersebut memang belum beredar luas sehingga nantinya jenis batu akik tersebut akan diluncurkan di arena Ampana Art Festival yang disaksikan pejabat pemerintah daerah provinsi dan kabupaten setempat.

"Kami sudah menyediakan batu permata untuk disematkan di jari pak Gubernur dan bupati," ujar Syamsurijal.

Ia menambahkan bahwa harapannya pada batu akik Tojo Unauna yang telah memiliki sertifikat tersebut adalah bersama dengan pemerintah batu tersebut bisa dijadikan sumber ekonomi baru bagi masyarakat setempat. (auf/Liz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.