Sukses

Arti dari Simbol Dekorasi Tahun Baru Imlek

Berikut arti dari simbol dekorasi Tahun Baru Imlek.

Liputan6.com, Jakarta Mendekati Tahun Baru Imlek Anda akan melihat berbagai ornamen dan pernak-pernik berwarna merah bertebaran. Pada hari istimewa ini, keluarga akan berkumpul dan merayakannya bersama. Di sisi lain, Tahun Baru Imlek menjadi waktu khusus untuk mengingat anggota keluarga yang telah meninggal dunia.

Dekorasi rumah dengan berbagai unsur berwarna merah menjadi ciri khas dari Tahun Baru Imlek. Berbagai jenis barang digantungkan dan dijadikan hiasan untuk mempercantik rumah, seperti lampu, petasan, amplop, hiasan berbentuk naga, dan sebagainya.

Di balik berbagai barang dan kebiasaan dalam mendekorasi rumah, ternyata terdapat arti dari simbol-simbol tersebut. Dilansir dari Topmarks, Selasa (17/02/2015), berikut arti beberapa simbol tersebut:

1. Membersihkan Rumah

Membersihkan isi rumah dari atas hingga bawah merupakan salah satu kebiasaan untuk menyambut Tahun Baru Imlek. Hal ini bertujuan untuk menyapu nasib buruk pemilik rumah dan membuka jalan keberuntungan.

2. Lampu di Luar Rumah

Lampu yang dipasang di luar rumah, pintu dan jendela yang di cat berwarna merah, serta kertas berwarna merah dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pemilik rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simbol Tahun Baru Cina

3. Petasan

Petasan yang digantungkan di dalam atau di luar rumah dipercaya untuk menakut-nakuti nasib buruk yang akan datang, sehingga mereka akan terlindungi dari nasib buruk dan mendatangkan keberuntungan.

4. Pesan Keberuntungan

Dekorasi Chunlian ditandai dengan menuliskan beberapa pesan keberuntungan seperti kebahagiaan, kemakmuran, dan panjang umur.

5. Arti Warna

Warna merah yang dipilih untuk menghiasi Tahun Baru Imlek tidak dipilih secara sembarang. Warna ini memiliki arti khusus, yaitu sebagai warna keberuntungan dan untuk menakut-nakuti raksasa Nian yang diduga akan datang pada malam tahun baru. Sedangkan warna emas memiliki simbol sebagai kekayaan.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.