Sukses

Ibu adalah Cerminan Keindahan Allah di Dunia

Seorang ibu adalah manusia yang dipilih oleh Allah yang dipercayakan sebagai wadah (rahim) untuk penciptaan manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Orang tua adalah sosok penting yang memiliki banyak pengaruh besar terhadap kehidupan. Selain itu, seorang anak juga diwajibkan untuk memuliakan ibu serta senantiasa meminta restunya ketika hendak melakukan apapun, karena ridho Allah ada pada seorang ibu juga.

Hal itu karena seorang ibu adalah manivestasi atau cerminan keindahan Allah di muka bumi. Pesan itu disampaikan oleh Founder Lembaga Griya Jiva Pranacitra, Rihab Said Aqil dalam serial ‘Lenong Menunggu Buka Puasa 2023’ yang ditayangkan akun Youtube BKN PDI Perjuangan menjelang berbuka puasa, Jum’at, 14 April 2023.

Menurut Rihab, dalam Islam anak harus memuliakan seorang ibu, karena pengorbanan dalam melahirkan, menyusui dan merawat sampai besar. Hal itu disebut sebagai pengorbanan dalam hal tarbiyah. Seorang ibu adalah manusia yang dipilih oleh Allah yang dipercayakan sebagai wadah (rahim) untuk penciptaan manusia.

"Rahim itu berasal dari bahasa Arab ‘rahima-yarham-marhamah’ yang artinya kasih sayang," ujarnya.

Jadi, Allah menciptakan rahim itu dari sifat Nya, sehingga apabila anak melawan ibu sama saja seperti menyakiti Allah. Selain memiliki rahim, seorang ibu juga manivestasi dari keindahan Allah dan sifat-sifat Nya, yang lembut dan pengasih.

"Apabila ingin melihat kasih sayang Allah, lihat lah cara ibu mengasihi anaknya. Akan tetapi, ketahuilah kasih sayang ibu hanya terbatas pada kasih sayang terhadap anak-anaknya saja," lanjut Doktor Lulusan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Rihab menambahkan, cara menghadapi ibu yang keras adalah dengan tidak membantahnya saat sedang berbicara, melainkan berbicara dengan bahasa yang baik. Selain itu, do’a dari Nabi Ibrahim agar Allah dapat melembutkan hati seorang ibu juga dapat dibaca.

Adapun, Rihab berpesan kepada para orang tua untuk memberikan contoh teladan agar anak dapat mengikuti kebiasaan orang tua yang baik, karena orang tua adalah cerminan anak. Apa yang dilakukan orang tua pasti akan dicontoh oleh anaknya.

"Didiklah anak dengan baik, dan ketahui fase perkembangan pada anak mulai usia remaja sampai dewasa. Jangan hanya memerintah, tetapi ajak untuk berdiskusi dengan baik agar anak dapat berfikir," sebutnya.

Selain itu, Rihab menekankan, para pemuda jangan sampai lupa terhadap ibu, karena di situlah tempat kasih sayang dan ridho tuhan. Jangan ambil keputusan di luar restu seorang ibu. Untuk membalas jasa ibu kita harus berbuat baik kepadanya sampai kapan pun, karena surga ada di telapak kaki ibu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini