Sukses

Yuk, Lakukan Aktivitas Ini Buat Mengurangi Lelah Saat Haid

Masalah yang datang setiap bulan memang terkadang bisa mengganggu rutinitas. Namun jangan khawatir, karena sebagian besar wanita produktif mengalaminya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat datang bulan tiba, biasanya mood akan memburuk. Bukan hanya karena sakit badan dan kram, tetapi juga karena tubuh bisa menjadi terasa lemas. 

Masalah yang datang setiap menstruasi datang memang terkadang bisa mengganggu rutinitas. Namun jangan khawatir, karena sebagian besar wanita produktif mengalaminya.

Kamu yang kerap mengalami masalah ini setiap tamu bulanan datang, bisa mengurangi rasa lelah saat haid dengan melakukan beberapa cara sederhana. Yuk, simak cara-caranya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara-cara Mengurangi Lelah Saat Haid

1. Olahraga ringan

Meskipun merasa tidak bersemangat dan terlalu lelah  untuk bergerak saat menstruasi, tetapi olahraga ringan seperti jalan kaki atau yoga bisa membantu mengurangi rasa lelah. Olahraga juga bisa membantu mengurangi kram perut dan membantu meningkatkan mood.

2. Makan makanan sehat

Pastikan untuk makan makanan yang sehat dan seimbang seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein rendah lemak. Hindari makanan yang berlemak dan berat.

3. Kurangi kafein

Kafein bisa mempengaruhi hormon dan menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Hindari minuman kafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi selama menstruasi.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Minum air yang cukup

Minum air yang cukup bisa membantu mengurangi kelelahan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minumlah minimal 8 gelas air sehari.

5. Istirahat yang cukup

Cobalah untuk tidur cukup selama menstruasi dan hindari begadang. Tidur yang cukup dapat memulihkan tubuh dan memperbaiki keseimbangan hormon. 

6. Mengurangi stres

Stres bisa memperburuk gejala menstruasi, termasuk rasa lelah. Cobalah untuk melakukan relaksasi seperti meditasi atau yoga, atau lakukan aktivitas yang menenangkan seperti membaca atau berjalan-jalan.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi lelah saat haid. Namun jika rasa lelah saat haid berlangsung lama atau dirasa sangat parah, konsultasikan dengan dokter. 

Karena mungkin saja kamu memiliki masalah kesehatan mendasar yang memerlukan perhatian medis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.