Sukses

Cerita Bupati Jember Saat Datangi Korban Ritual Maut di Pantai Payangan

Liputan6.com, Jakarta Korban ritual maut di Pantai Payangan Jember Jawa Timur dijenguk langsung oleh Bupati Hendy Siswanto. Dia mendatangi korban selamat maupun keluarga korban meninggal dunia saat terseret ombak besar.

Hendy mengatakan rombongan tersebut melakukan kegiatan ritual di sekitar Pantai Payangan. Namun dia mengaku tidak mengetahui ritual seperti apa yang dilakukan hingga terseret ombak laut selatan.

"Mereka merupakan rombongan Kelompok Tunggal Jati Nusantara sebanyak 23 orang dan satu orang sopir yang mengantarkan rombongan ke Pantai Payangan," kata Bupati Jember Hendy Siswanto usai mengunjungi korban selamat di Puskesmas Ambulu seperti dilansir Antara, Minggu (13/2/2022).

Diketahui, dari ritual maut tersebut sebanyak 11 korban ditemukan meninggal dunia dan 13 orang selamat. Dia menyebutkan, dari 11 korban yang meniggal, 10 diantaranya warga Kabupaten Jember.

Sementara itu, satu orang korban meninggal diketahui merupakan warga Kabupaten Bondowoso. Korban tersebut diketahui yang merupakan anggota polisi aktif di salah satu polsek di Bondowoso.

"Belum tahu ritual apa dan ini masih kami telusuri bersama polisi," ujar dia.

Dia mengatakan, sekitar pantai selatan berbahaya bahkan sering menimbulkan korban akibat kecelakaan laut atau lainnya. Sehingga pihaknya bersama petugas terkait akan menelusuri kejadian itu kepada korban selamat.

Bersama dengan Dandim 0824/Jember Letkol. Inf. C. Pangaribuan dan Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo, Hendy mengunjungi rumah korban peserta ritual yang meninggal dunia.

"Atas nama pribadi dan Pemkab Jember, saya ikut bela sungkawa atas meninggalnya belasan orang di Pantai Payangan. Mari kita doakan bersama semoga mereka husnul khotimah," katanya.

Pemkab Jember juga memberikan santunan kepada keluarga para korban dan memberikan dukungan moril atas musibah yang terjadi di Pantai Payangan Jember.

"Saya minta kepada seluruh warga Jember untuk tidak beraktivitas di bibir pantai dulu sebab cuacanya berbahaya, tolong petugas terkait untuk memperketat penjagaan pantai," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS