Sukses

Tempat Keramat Ponorogo, Dari Makam Bupati Sumoroto Hingga Kerajaan Gaib

Konon kabarnya dipercayai oleh masyarakat lokal sebagai tempat yang memiliki rekam jejak mistis didalamnya sehingga tak semua orang berani datang

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Ponorogo Jawa Timur menjadi daerah yang dikenal dengan kesenian Reognya. Namun, daerah yang mendapat julukan bumi reog ini menyimpan sejumlah cerita menarik yang akan menguji nyali.

Ponorogo juga dikenal sebagai daerah yang memiliki sejumlah tempat keramat dan banyak dikunjungi masyarakat. Bahkan tempat keramat Ponorogo itu, konon kabarnya dipercayai oleh masyarakat lokal sebagai tempat yang memiliki rekam jejak mistis didalamnya.

Berikut empat tempat angker di Ponorogo dirangkum dari berbagai sumber:

Gunung Srandil

Gunung Srandil merupakan sebuah bukit kecil di Desa Srandil, Kecamatan Jambon, Ponorogo Jawa Timur. Dipuncak bukit itu terdapat sebuah komplek pemakaman yang merupakan tempat bersemayamnya bupati-bupati Kabupaten Sumoroto bersama keluarganya.

Jasad pertama yang dimakamkan yakni Raden Merto Kusumo, diceritakan jika awalnya ia merupakan seorang patih di Kabupaten Ponorejo bernama Raden Dipo Taruno. Setelahnya dimakamkan di bukit ini, kemudian berturut-turut bupati Sumoroto turut dimakamkan ditempat ini.

Sehingga tak mengherankan, tempat ini menjadi jujukan ziarah masyarakat dengan berbagai macam tujuan. Tidak sulit untuk menuju tempat yang dinilai angker ini, karena berlokasi dipinggir jalan penghubung antara Ponorogo - Solo.

Saksikan video pilihan berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Petilasan Suru Kubeng

Adalah sebuah situs yang ada ditengah persawahan tepatnya di Desa Kutu Wetan, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo.

Ditempat ini konon dahulu Ki Ageng Putu Suryo mengajarkan para prajurit dimasa itu untuk menjadi sosok yang tahan banting dan sakti mandraguna.

Dengan adanya cerita itu, tak khayal tempat ini ramai dapatkan kunjungan ziarah dari masyarakat dengan berbagai macam tujuan.

3 dari 4 halaman

Gunung Dloko

Sebuah bukit kecil yang berada di Desa Patung, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Dipercayai tempat ini merupakan sebuah kerajaan jin yang di pimpin Nyi Korek. Dipercayai pula ditempat itu bersemayam Ki Ageng Putu.

Gunung Dloko sangat terkenal sampai luar Ponorogo, bahkan kabar keangkeran sangat terkenal sampai sudut pulau jawa. Orang yang datang juga banyak memiliki tujuan untuk mencari berkah dan semacamnya.

4 dari 4 halaman

Klampis Ireng

Tempat ini menurut mitos yang beredar sebagai tempat tinggal kerajaan gaib dibawah kepemimpinan Ki Lurah Semar.

Seperti hal nya tempat lain, keangkerannya jauh melampaui tapal kuda batas Jawa Timur bahkan sampai luar pulau jawa untuk mencari pesugihan.

Padahal tempat ini menurut sejumlah praktisi supranatural, sebagai tempat dengan pusat energi yang luar biasa dan sangat istimewa untuk melakukan meditasi. Masih berani uji nyali?

Penulis: Devteo Mahardika Prakoso

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.