Sukses

Dorong Orang Berani Buka Usaha, Sekarwangi Resmi Mendaftarkan Diri Jadi Calon Anggota DPD

Pada kesempatan tersebut, perempuan muda asal Yogyakarta yang mengenakan kebaya putih berlilit obi, memaparkan lebih jauh gagasan-gagasannya.

Liputan6.com, Yogyakarta - RA Yashinta Sekarwangi Mega resmi mendaftar sebagai Calon Anggota DPD RI untuk periode 2024-2029. Diiringi oleh Tarian Truno, Bakal Calon DPD RI termuda ini memasuki gedung KPU untuk menyerahkan berkas pendaftaran pada Sabtu (13/5/2023).

Dalam keterangan persnya, Sekarwangi tergerak untuk ikut berkonstribusi dalam menyelesaikan persoalan sosial dengan memperkuat kerja kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat.

"Ramai perbincangan soal UMR, transportasi publik yang sedikit, kekerasan di anak muda yang meningkat, membuat saya memiliki kemauan untuk ikut ambil bagian dari sebuah gebrakan yang didukung dengan adanya akses dan sinergi antara pemerintah pusat dan daerah,” ujarnya.

Ia berpendapat proses kebijakan di pusat juga membutuhkan pengawasan dan channelling, khususnya bagi masyarakat DIY. Peran sebagai jembatan yang menghubungkan antara masyarakat dan program pemerintah ini akan menjadi prioritasnya.

Pada kesempatan tersebut, perempuan muda asal Yogyakarta yang mengenakan kebaya putih berlilit obi, memaparkan lebih jauh gagasan-gagasannya. Sebagai generasi milenial, gagasan yang dipaparkan akan berdasarkan perspektif generasi anak muda. 

Seperti halnya dalam memberdayakan masyarakat, tidak lagi soal seremoni-seremoni saja karena masyarakat butuh yang terobosan menyelesaikan masalah.

“Contoh kebijakan tentang ekonomi kreatif tidak hanya didorong tapi harus ada akses permodalan yang kuat juga channelling ke pasar luar,” ucapnya.

Melihat DIY sebagai kota yang penuh dengan potensi anak muda, Sekarwangi memikirkan dorongan untuk kemajuan kesejahteraan harus lebih konkret. Fokus utamanya mendorong semua orang berani buka usaha.

“Yang di pertanian ya berani bertani, yang di pariwisata ya berani ekspansi. Kalau enggak berani karena akses modal, saya yang akan mendorong kebijakan perbankan ramah untuk orang yang ingin buka usaha. Kalau takut nggak dapat pasar saya akan dorong akses pasarnya,” tutur Sekarwangi.

Mengenai tanggapannya sebagai Bakal Calon DPD RI termuda, Sekarwangi memandang hal tersebut sebagai keragaman yang harus dihadirkan dalam proses demokrasi ini.  Selain memang harus ada yang mengawal aspirasi generasi muda, dia juga melihat ini sebagai potensi untuk kolaborasi dengan para seniornya.

"Tentu saya sangat menghormati Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan para calon lain yang jauh lebih senior dari saya dengan jam terbang yang sangat tinggi,” kata Sekarwangi.

Sebagai mitra dalam proses demokrasi, masyarakat jadi untung karena memiliki pilihan yang beragam untuk menjadi wakilnya.

“Kuncinya untuk saya adalah datang langsung, dengarkan langsung, dan selesaikan langsung masalah di masyarakat,” ucap Sekarwangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.