Sukses

Bikin Lega, Ini 4 Manfaat Menangis

Menangis merupakan bentuk respons emosional terhadap suatu peristiwa, situasi yang menyedihkan atau menyakitkan, namun beberapa orang mungkin mengalami menangis tanpa sebab yang jelas.

Liputan6.com, Jakarta- Banyak orang menganggap menangis merupakan tanda kelemahan seseorang. Padahal, menangis memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan.

Menangis merupakan bentuk respons emosional terhadap suatu peristiwa, situasi yang menyedihkan atau menyakitkan, namun beberapa orang mungkin mengalami menangis tanpa sebab yang jelas.

Kondisi tersebut biasanya dikaitkan dengan masalah kesehatan mental karena menangis tanpa sebab bisa menjadi salah satu gejala gangguan mental, seperti depresi dan kecemasan.

Menangis juga bisa terjadi karena berbagai alasan termasuk masalah hormon, faktor lingkungan, juga musik. Karena beberapa orang mungkin juga memiliki sensitivitas emosional yang lebih tinggi atau lebih rentan terhadap perasaan sedih, dan cenderung merespons secara emosional terhadap situasi atau peristiwa kecil.

Buat kamu yang sensitif dan sering menangis, jangan khawatir karena kabar bahagianya adalah menangis juga bisa bermanfaat, lho.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Manfaat Menangis

1. Mengurangi stres

Menangis dapat membantu mengurangi tingkat stres, karena ketika seseorang menangis, tubuh melepaskan hormon prolaktin dan adrenokortikotropin, yang dapat membantu meredakan stres.

2. Mengurangi tekanan emosional

 Menangis juga bisa membantu mengurangi tekanan emosional, karena dapat membantu melepaskan emosi yang tertahan.

3. Meningkatkan suasana hati

Menangis dapat membantu meredakan perasaan sedih dan menurunkan tingkat kecemasan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

4. Mengurangi rasa sakit

Menangis dapat membantu mengurangi rasa sakit, karena saat menangis, tubuh melepaskan endorfin yang dapat membantu mengurangi rasa sakit.

 Itu dia beberapa manfaat menangis yang bisa kamu ketahui. Namun yang perlu diingat adalah, ketika kamu mulai sering merasa sedih dan menangis tanpa alasan, pastikn untuk berkonsultasi dengan ahli, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.