Sukses

Dosen UII yang Dikabarkan Hilang Kini Sudah Terdeteksi

Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Krishna Murti mengatakan keberadaan AMRP sudah terdeteksi.

Liputan6.com, Jakarta - Dosen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UII) sempat membuat heboh jagat media sosial. Dosen UII bernama Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) tersebut dikabarkan hilang.

Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Krishna Murti mengatakan keberadaan AMRP sudah terdeteksi.

Krishna mengatakan AMRP tidak hilang melaikan mengubah rute kepulangan tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

"Sudah terdeteksi, yang bersangkutan tidak hilang. Tapi mengubah rute tanpa memberitahu siapa pun," kata Krishna di Jakarta, Senin (20/2/2023), melansir dari Antara.

Lebih jauh, Krishna belum memberikan informasi lebih lanjut terkait alasan dosen UII tersebut mengubah rute perjalanan.

Diberitakan sebelumnya, UII Yogyakarta meminta bantuan National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia agar melakukan pelacakan terkait keberadaan Ahmad Munasir.

Ahmad Munasir dikabarkan menghilang setelah menghadiri aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia.

UII Yogyakarta pun sudah berkomunikasi dengan KBRI di Oslo dan KJRI Istanbul, Turki. Setelahnya, Tim Pusat Krisis UII Yogyakarta melakukan pelacakan jejak digital dan berdasarkan hasil penggalian tersebut, Ahmad Munasir sudah meninggalkan OSlo dan berada di Turki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keterangan Kampus UII Yogyakarta

Rektor UII Profesor Fathul Wahid mengatakan Tim Pusat Krisis UII menemukan rekaman aktivitas "sing out google drive" yang terjadi pada 13 Februari 2023 pukul 03.57 waktu setempat.

Tim Pusat Krisis UII pun menemukan jejak digital lainnya. Wahid mengatakan AMRP sempat terhubung dengan internet melalui koneksi Virtual Private Network eduVPN yang mengarah ke Kampus UII dengan lokasi akses di sekitar Istanbul pada pukul 19.00-23.00 waktu setempat pada 12 Februari 2023.

Informasi temuan jejak digital tersebut kini telah diterima KBRI Oslo. Kepolisian Oslo pun memastikan catatan pihak imigrasi di Bandara OSlo menunjukkan Ahmad Munasir sudah tidak berada di SChengen pada 12 Februari 2023.

Kronologi menghilangnya Ahmad Munasir diketahui beberapa hari setelah melakukan perjalanan ke OSlo Norwegia guna mengikuti aktivitas global di University of South-Eastern Nowway (USN) di Norwegia pada 4 Februari 2023.''

Dosen UII tersebut seharusnya kembali pada 12 Februari 2023, melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (16/2).

Namun, dosen Jurusan Informatikan Fakultas Teknik Informatika UII tersebut dilaporkan hilang kontak setelah berkomunikasi dengan istrinya pada Minggu siang (12/2) dalam perjalanan pulang yang saat itu masih berada di Bandara Oslo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.