Sukses

Wujudkan Indonesia Emas 2045, Begini Ajakan Sekarwangi kepada Siswa di Sleman

Segala upaya mendidik karakter kepemimpinan muda ini tak lepas dari tujuan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045

Liputan6.com, Yogyakarta - Relawan mengajar anak RA Yashinta Sekarwangi Mega mengajak siswa-siswa SMA dan SMK di Sleman untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Salah satu caranya, pemuda dan pemudi bangsa harus memiliki kepekaan sosial.

“Saat ini banyak anak muda yang enggak bisa lepas dari hp, akhirnya enggak peka karena terlalu fokus pada dirinya,” ujar Sekarwangi di Gedung Serbaguna Kabupaten Sleman, Senin (30/1/2023).

Menurut Sekarwangi, untuk menjadi pemimpin yang berkarakter perlu keberanian untuk membangun kebiasaan yang positif. Termasuk di dalamnya, menjadikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai jalan hidup.

“Jadi jangan merasa puas kalau secara akademis, materi, spiritual sudah baik tapi tidak punya kepekaan sosial,” ucap bakal calon DPD perseorangan ini.

Sekarwangi juga berpendapat aktif dalam kegiatan sosial dan organisasi adalah salah satu cara dalam melatih kepekaan sosial kita. Artinya, bicara pemimpin muda yang berkarakter harus memiliki kemampuan kepekaan sosial dan kuncinya adalah berorganisasi.

“Segala upaya mendidik karakter kepemimpinan muda ini tak lepas dari tujuan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan yang akan menjadi pemimpin adalah teman-teman, oleh karena itu perlu menjadi pemimpin yang berkarakter dalam membangun bangsa," kata Sekarwangi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.