Sukses

5 Warung Sate Buntel Langganan Jokowi di Solo

Berikut sederet warung sate buntel langganan Jokowi.

Liputan6.com, Solo - Satai buntel atau sate buntel merupakan kuliner khas Solo, Jawa Tengah. Hidangan sate buntel menjadi salah satu kuliner yang digemari oleh Preisden Jokowi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet warung sate buntel langganan Jokowi.

1. Pak H. Bejo

Warung sate yang satu ini terbilang legendaris karena sudah berjualan sejak tahun 1970-an. Warung sate milik pasangan Pak H. Bejo ini awalnya berjualan secara berkeliling dan akhirnya suskes hingga sekarang.

Di sini menyediakan berbagai makanan olahan dari daging kambing seperti satai kambing, gulai, tongseng, tengkleng, nasi goreng, dan yang paling populer ada menu sate buntelnya yang enak.

Kuliner Solo ini biasanya disantap dengan tambahan kuah tengkleng yang masing mengepul panas.

Sate buntel disajikan disajikan dengan bumbu kecap serta irisan tomat, dan bawang merah yang masih segar. Sate Kambing Pak H. Bejo berada di Jalan Sungai Sebakung No.10. Kedung Lumbu, Solo.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Warung Sate Mbok Galak

2. Warung Sate Mbok Galak

Kalau warung sate ini terkenal sebagai tempat makan para pejabat hingga politisi. Bahkan menurut sang pemilik, dulu Presiden Jokowi sering mampir untuk makan sate buntel dan tengkleng di sini selama beliau masih menjabat Wali Kota Solo.

Warung sate ini sudah berjualan sejak tahun 1980 dengan resep keluarga. Ciri khas dari sate buntel di sini adalah olahan daging kambingnya yang berkualitas. Lengkap dengan bumbu sederhana seperti kecap dan bawang merah.

Biasanya sate buntel milik Mbok Galak ini disantap dengan tongseng atau tengkleng dengan aroma prengus yang tak tercium. Selain Presiden Jokowi, mendiang Presiden Soeharto juga sering mampir jajan sate di sini.

Sate Kambing Mbok Galak berada di Jalan Ki Mangun Sarkoro No.112. Banjarsari, Kota Surakarta.

 

3 dari 5 halaman

Warung Sate Kambing Sumber Pak Dahlan

3. Warung Sate Kambing Sumber Pak Dahlan

Semasa masih tinggal di Solo, Presiden Jokowi aktif kulineran dan mencicipi berbagai sate enak.

Salah satunya sate buntel di warung sate kambing sumber Pak Dahlan.

Di sini menu andalannya ada sate buntel yang memiliki ukuran besar dengan daging kambing cincang yang bikin nagih. Bagi penggemar tongseng tak perlu khawatir, karena di sini pengunjung bisa memesan tongseng menggunakan sate buntel yang lebih kaya rasa.

Selain sate buntel dan tongsengnya, tersedia juga menu sate ayam, sate jeroan, sate daging, gule, sumsum, hingga tengkleng. sate kambing sumber Pak Dahlan berada di Jalan Letjen Suprapto No.69, Banjarsari, Kota Surakarta.

 

4 dari 5 halaman

Sate Kambing Pak Kasdi

4. Sate Kambing Pak Kasdi

Jalan-jalan ke wilayah Kestalan, Solo, ada warung sate legendaris yang terkenal sejak dulu yakni sate kambing Pak Kasdi. Warung sate sederhana ini sudah menjadi ikon kuliner kota Solo yang primadona.

Menu yang ditawarkan semuanya berasal dari daging kambing. Seperti sate kambing, gulai kambing, tongseng kambing, nasi goreng kambing, tengkleng, dan tentunya sate buntel yang paling terkenal di sini.

Hidangan sate buntel di sini dililitkan pada tusuk bambu, dengan potongan daging sate yang cukup tebal dan besar. Kemudian sate buntel disajikan dengan lalapan segar dari sayur kol, tomat, bawang merah, dan tambahan kecap. Rasanya legit, gurih, dan manis.

Sate kambing-buntel Pak H. Kasdi berada di Jalan Monginsidi No.107, Kestalan, Kota Surakarta.

 

5 dari 5 halaman

Warung Sate Pak Manto

5. Warung Sate Pak Manto

Warung sate kambing Pak Manto di Solo juga legendaris. Terkenal karena tengkleng ricanya yang super pedas, ternyata itu bukan satu-satunya menu enak yang bisa dicicipi.

Salah satunya ada menu sate buntel yang terasa rempahnya dan aroma daging kambingnya harum. Potongan daging sate yang besar membuatnya populer di kalangan penggemar sate.

Biasanya sate buntel disantap dengan kuah tengkleng rica-rica yang pedas. Ditambah dengan nasi putih hangat serta irisan kol, tomat, bawang merah, dan guyuran kecap yang bikin nagih. Warung sateini berada di Jalan Honggowongso No.36, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.