Sukses

One Way Hari Pertama Tol Kalikangkung Kota Semarang Aman, Dirlantas : Zero Accident

Berlangsungnya operasi hari pertama pelaksanaan kebijakan one way oleh pemerintah pusat ataupun pemerintah Jawa Tengah terpantau aman.

Liputan6.com, Semarang Berlangsungnya operasi hari pertama pelaksanaan kebijakan one way oleh pemerintah pusat ataupun pemerintah Jawa Tengah terpantau aman.

Terlihat di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 47 hingga Tol Kalikangkung KM 414, Semarang, Jawa Tengah terpantau lancar dan belum ada angka kecelakaan (zero accident) pada Kamis (28/4/2022) dini hari. Meski demikian, sempat terjadi penumpukan antrean di gerbang tol yang tidak terlalu signifikan.

Hal itu disampaikan, Diretur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng), Kombes Pol Agus Suryo Nugroho. Berdasarkan pantauan di lapangan, sejak awal dibukanya satu arah (One Way) di Gate Tol Kalikangkung kota Semarang, pada pukul 17.00 WIB hingga 00.00 WIB terlihat sudah banyak para pemudik yang mulai masuk ke Semarang menggunakan Gerbang Tol Kalikangkung.

Terlihat pada mudik kali ini, didominasi oleh kendaraan pribadi dengan pelat nomor asal Jakarta dan juga bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Diretur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah (Jateng), Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, mengatakan penerapan perdana pemberlakuan one way berjalan terkendali. Bahkan, ia mengaku telah memastikan jalur pantai utara (Pantura) juga cukup landai.

"Dilaporkan situasi terkendali. Kami tadi dengan Bapak Kapolda menyusuri jalur Pantura, itu juga cukup landai. Terus dari tadi Pejagan menuju ke sini juga lancar," kata Agus, Kamis (28/4/2022) malam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada Kemacetan Berarti

Mengenai kejadian menonjol, lanjut Dirlantas, saat ini masih nihil atau tidak ada. Bahkan, pihaknya menyebut tidak ada kemacetan yang terjadi di Jateng.

"Kejadian menonjol nihil, kemudian Jateng tidak ada kemacetan, karena sudah mengantisipasi baik itu pos pengamanan, rekayasa dan skenario-skenario dalam rangka menghadapi pengamanan mudik. Saya juga mengharapkan Jateng tidak ada kecelakaan," lanjut dia.

Saat ditanya mengenai proses penerapan yang dilakukan Dirlantas Jateng, Agus menyebut berjalan secara taktis dan teknis. Sehingga, pelaksanaan one way perdana ini berjalan dengan baik.

"Diluar jalur tol tadi sudah saya susuri, dari arah yang ke Jakarta kita keluarkan, baik yang pantura, mungkin ke selatan, karena imbauan kita dan ini sudah jauh-jauh hari kami sosialisasikan. Sehingga pengguna jalan, pemudik dan pengguna jalan lainnya sudah tahu bahwa hari ini ada one way jam 17.00 sampai 00.00 di jalan tol, dan kami sudah menelusuri dari krapyak sampai ke Pekalongan, arah ke Brebes Slawi, terkendali, lancar," beber dia.

Kendati demikian, Dirlantas tidak menampik apabila terjadi perlambatan arus di tengah kota. Namun, hal tersebut dinilai bukan karena arus mudik atau penerapan one way.

"Memang di tengah kota ada perlambatan arus, karena aktivitas lokal, ini kan lebaran, jadi pada belanja. Tapi tidak signifikan," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.