Sukses

Aksi Gubernur Ganjar dalam Kebakaran Lapak Relokasi Pasar Johar Semarang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang tiba di lokasi kebakaran Pasar Johar,Semarang menegur langsung warga yang menutupi akses jalan

Liputan6.com, Semarang - Kerumunan warga di sekitar lokasi terbakarnya tempat relokasi Pasar Johar di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Semarang, Rabu malam, menyulitkan pemadaman kebakaran oleh petugas bersama para pedagang.

Beberapa kali petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang dan sukarelawan berteriak meminta warga, baik yang berdiri maupun menggunakan sepeda motor, tidak memadati jalan yang menjadi akses kendaraan damkar menuju titik-titik kebakaran Pasar Johar.

Mengutip Antara, banyaknya warga yang ingin menonton kebakaran itu membuat jalanan macet, termasuk akses jalan menuju Pasar Johar Relokasi. 

Bahkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang tiba di lokasi kebakaran menegur langsung warga yang menutupi akses jalan.

"Minggir Mas, ini buat jalan pemadam kebakaran. Pak polisi, ayo ini jalan dikosongkan biar pemadam bisa lewat. Sekarang Pak, ayo semua minggir," teriak Ganjar kepada warga yang memenuhi jalan.

Hingga Rabu, pukul 21.30 WIB, titik-titik api masih terlihat pada bagian F1 hingga F9 Pasar Johar Relokasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebakaran Pasar Johar Relokasi

Lokasi relokasi Pasar Johar Kota Semarang, ludes terbakar, Rabu malam, 2 Februari 2022.

Api besar hingga saat ini belum bisa dikuasai tim pemadam kebakaran. Api masih melahap ratusan lapak pedagang yang ditinggal pemiliknya pulang.

Kebakaran hebat di lokasi relokasi Pasar Johar yang berada di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) membuat lapak pedagang yang dibuat menggunakan material kayu tidak bisa tertolong.

Api yang belum diketahui sumbernya, dengan cepat menyebar ke bangunan pasar yang dibangun Pemerintah Kota Semarang usai kebakaran hebat Pasar Johar tahun 2015.

Pasar Johar yang terbakar, merupakan pasar Johar relokasi yang menempati tanah milik MAJT.

Lahan relokasi disewa Pemerintah Kota Semarang dan batas sewa berakhir Desember 2021.

Puluhan mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang hingga berita diturunkan masih terus membesar di Pasar Johar relokasi.

3 dari 3 halaman

Penjelasan Polda Jateng

Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat ini sudah ada di lokasi kejadian guna memimpin proses evakuasi.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal menjelaskan, kebakaran terjadi direlokasi Pasar Johar Jl. Arteri Soekarno Hatta, Gayamsari, Kota Semarang.

"Kebakaran sekitar pukul 19.00 WIB. Telah terjadi kebakaran di Relokasi Pasar Johar. Kebakaran terjadi di kios yang ada di empat blok," ungkap Kabid Humas.

Kebakaran hebat, menghanguskan sekitqr 100 kios yang berada di Blok F1, F4, E1 dan E4.

"Blok F1, F4, E1 dan E4 menjual brambang, pakaian dan sandal dengan Jumlah kios kurang lebih 100 kios," urai Kabid Humas.

Kabid Humas menambahkan, saat ini masih dilakukan proses pemadaman oleh pemadam kebakaran.

Felek Wahyu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.