Sukses

Ingin Cepat Haji? Baca Doa Nabi Ibrahim Ini

Doa mustajab agar dimudahkan menunaikan ibadah haji dari Nabi Ibrahim AS.

Liputan6.com, Jakarta - Menunaikan ibadah haji menjadi dambaan setiap muslim. Banyak yang rela menabung selama puluhan tahun untuk dapat melaksanakan kewajiban tersebut.

Yang menjadi kendala bagi warga Indonesia, jarak antara Indonesia Makkah jauh, sehingga dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Di Indonesia kuota haji yang terbatas dan jumlah umat Muslim yang sangat besar, daftar tunggu untuk mendapatkan kesempatan haji sudah sangat panjang.

Berdoa merupakan salah satu cara yang dianjurkan dalam Islam untuk memohon kepada Allah SWT. Berikut ini doa yang mujarab yang dapat Anda baca sebagai permohonan agar Allah SWT memberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji.

Selain menabung dan mempersiapkan fisik yang kuat, karena 90 persen ibadah haji merupakan inadah fisik, juga perlu didampingi dengan doa. Salah satu doa yang dianjurkan adalah doa Nabi Ibrahim AS.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlu Ikhtiar agar Bisa Haji

Menukil Tebuireng.online, hanya orang-orang yang mampu secara material, fisik, dan keilmuan yang bisa bermalam di Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah, wukuf di padang Arafah di 9 Dzulhijjah, serta melempar jumroh di 10 Dzulhijjah. Yang demikian berdasarkan rujukan pada QS Ali Imran ayat 97:

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.”

Kutipan ayat di atas menjelaskan bahwa haji adalah kewajiban setiap muslim yang mampu. Namun bukan berarti kemampuan itu akan hadir dengan sendirinya. Perlu ikhtiar dan persiapan yang matang bagi siapa saja yang mengidamkan ibadah haji.

Ibadah haji adalah ibadah yang membutuhkan biaya besar serta membutuhkan fisik yang kuat. Fisik yang kuat ini tidak hanya dibutuhkan saat pelaksanaan ibadah haji namun, saat mengikhtiarkannya juga.

3 dari 3 halaman

Doa Supaya Bisa Cepat Berhaji

Mungkin sebagian mereka yang berpenghasilan pas-pasan atau tidak memungkinkan untuk berangkat haji bisa pergi ke baitullah dengan usahanya sendiri.

Salah satunya dengan bukti kerja keras yang didorong dengan doa. Sebaliknya, ada juga orang yang penghasilannya berkecukupan, tapi masih belum menunaikan ibadah haji. Disinilah kita bisa melihat bahwa ibadah haji memang butuh niat dan usaha untuk mencapainya.

Untuk mereka yang sedang berjuang demi keinginannya untuk menunaikan ibadah haji, Al Qur’an menyiapkan doa yang bisa membantu mereka agar terealisasi menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ. رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Rabbana taqabbal minna innaka anta sami’ul alim rabbana waj’alna muslimaini laka wamin zurriyatina ummatam muslimatan laka wa’arina manasikana wa tub’alaina innaka anta tawwabur rahim.

“Ya Tuhan kami semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.