Sukses

Ternyata Mudah, Gus Baha Ungkap Wirid Ali bin Abi Thalib hingga Menjadi Wali Besar

Dengan wirid ini menjadikan Sayyidina Ali bin Abi Thalib, selain sebagai seorang khalifah, beliau juga memiliki kedudukan menjadi seorang wali besar

Liputan6.com, Cilacap - Ulama kharismatik sekaligus pengasuh Ponpes Tahfidzul Qur’an LP3IA, Rembang, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha membeberkan wirid yang dilakukan oleh Sayyidina Ali bin Abi Thalib.

Kalimat yang diucapkan Sayyidina Ali, menurut Gus Baha mampu mengalahkan kalimat hikmah manapun.

Hal ini penting dikemukakan, pasalnya dengan wirid ini menjadikan Sayyidina Ali bin Abi Thalib, selain sebagai seorang khalifah, beliau juga memiliki kedudukan menjadi seorang wali besar. Hal ini beliau sampaikan di sela-sela pengajiannya.

“Sayyidina Ali itu menjadi wali besar itu wiridannya seperti ini, saya ajari wiridannya sayyidina Ali, ” terang Gus Baha dikutip dari tayangan YouTube Short @AlGhifari27, Senin (15/04/2024).

Sebagai informasi, Ali bin Abi Thalib merupakan saudara sepupu, sahabat dan menantu Rasulullah SAW. Beliau juga merupakan golongan sahabat yang diberikan julukan assabiquunal awwalun (orang yang pertama kali masuk Islam).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kalimat Wirid Sayyidina Ali Tak Terkalahkan Oleh Kalimat Hikmah Manapun

Kalimat wirid yang diucapan Ali bin Abi Tholib ini, menurut Gus Baha memiliki nilai hikmah yang sangat tinggi. Pasalnya kalimat itu, sebagaimana disampaikan GUs Baha tidak ibsa dikalahkan oleh kalimat manapun juga. 

“Ada 3 kalimat yang kata para ulama, 3 kalimat ini yang menjadikan Sayyidina Ali tidak akan terkalahkan oleh kalimat hikmah manapun,” terangnya.

Meski demikian, Gus Baha menjelaskan bahwa kalimat Sayyidina Ali tidak bisa ditandingi oleh kalimat hikmah manapun ini tentu saja manusia yang memiliki derajat selevel Sayyidina Ali, bukan membandingkan dengan Rasulullah SAW.

“Ya tentu ya selevel Sayyidina Ali, ya yang sama-sama tidak Nabi, tentu tidak membandingkan dengan Rasulullah SAW,” tandasnya.

3 dari 3 halaman

Ini Lafal Kalimatnya

Gus Baha lantas meberikah lafal atau kalimat yang sering kali diucapkan atau menjadi wiridan Sayyidinna Ali bin Abi Thalib.

“Sayyidina Ali kalau wiridan mengucapkan ini, Ya Rabbi kaffanii izzan, an takuuna lirabba, wa kaffanii fakhran, an akuuna laka abdaa, jadi artinya, “Ya Allah, cukup saya ini begitu terhormat karena punya Tuhan Engkau dan saya cukup bangga sekali karena aku telah menjadi hamba-Mu,” paparnya.

Adapun tulisan dari kalimat hikmat tersebut adalah sebagai berikut, 

 يارب كفاني عزا أن تكون لي ربا وكفاني فخرا أن أكون لك عبدا 

“Seperti apa nistanya saya kalau menjadi hamba Fir’aun, Namrudz, yang sama-sama manusia,” pungkasnya.

Penulis : Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.