Sukses

Kapan Malam Nuzulul Qur’an 2024 Muhammadiyah dan NU? Ini Jadwal dan Amalannya

Malam Nuzulul Qur’an jatuh pada tanggal 17 Ramadhan. Untuk tahun ini ada perbedaan waktu malam Nuzulul Qur’an antara organisasi Islam Muhammadiyah dengan pemerintah dan Nahdlatul Ulama.

Liputan6.com, Jakarta - Malam Nuzulul Qur’an adalah malam yang istimewa nan agung dalam Islam. Pada malam tersebut Allah SWT menurunkan Al-Qur’an dari Baitul Izzah kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Peristiwa malam Nuzulul Qur’an berbeda dengan Lailatul Qadar. Lailatul Qadar adalah peristiwa turunnya Al-Qur’an secara menyeluruh dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah (langit dunia). Sementara, Nuzulul Qur’an adalah peristiwa pertama kalinya Al-Qur’an diturunkan secara berangsur kepada Nabi Muhammad SAW.

Peristiwa Nuzulul Qur’an terjadi pada malam ke-17 Ramadhan. Hingga sekarang, malam Nuzulul Qur’an selalu diperingati setiap tahunnya untuk mengingatkan umat akan peristiwa penting yang bersejarah pada 14 abad yang lalu.

Peringatan Nuzulul Qur’an diharapkan membuat umat Islam semakin menghayati dan mengamalkan ajaran Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an. Ini penting agar peringatan Nuzulul Qur’an bukan sekadar seremonial belaka.

Malam Nuzulul Qur’an jatuh pada tanggal 17 Ramadhan. Untuk tahun ini ada perbedaan waktu malam Nuzulul Qur’an antara organisasi Islam Muhammadiyah dengan pemerintah dan Nahdlatul Ulama.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Malam Nuzulul Qur’an Muhammadiyah dan NU

Merujuk pada hasil hisab hakiki wujudul hilal, jadwal malam Nuzulul Qur’an 1445 H Muhammadiyah jatuh pada Selasa, 26 Maret 2024.

Sementara, jadwal malam Nuzulul Qur’an versi pemerintah dan Nahdlatul Ulama jatuh pada Rabu, 27 Maret 2024 malam.

Hal ini karena Muhammadiyah lebih dahulu mengawali puasa Ramadhan pada Senin, 11 Maret 2024. Pemerintah dan Nahdlatul Ulama baru berpuasa Ramadhan pada Selasa, 12 Maret berdasarkan hasil rukyatul hilal.

Terlepas dari hal itu, berikut ini adalah amalan-amalan yang dianjurkan untuk mengisi malam Nuzulul Qur'an.

3 dari 3 halaman

Amalan Malam Nuzul Qur’an

Mengutip NU Online, berikut amalan-amalan yang dapat dilakukan pada malam Nuzulul Qur’an.

1. Membaca Al-Qur’an

Ketua PCNU Sumedang, H Sa’dullah mengatakan bahwa cara terbaik mengisi malam Nuzulul Qur’an yakni dengan istiqamah membaca Al-Qur’an. Pada bulan Ramadhan, minimal harus khatam satu kali.

2. Memperbanyak I’tikaf

Untuk mendapatkan keutamaan malam Nuzulul Qur’an, Kiai Sa’dullah juga menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak i’tikaf di masjid. Selama i’tikaf bacalah Al-Qur’an dan dzikir-dzikir lainnya.

I’tikaf termasuk amalan sunnah yang bisa dilakukan kapan saja, namun di i’tikaf di bulan Ramadhan lebih dianjurkan karena banyak memiliki keistimewaan. Adapun untuk niat beri’tikaf adalah:

نَوَيْتُ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ للهِ تَعَالَى  

Artinya: “Aku berniat i’tikaf di masjid ini karena Allah.”

3. Melaksanakan Sholat Malam dan Berdoa

Amalan lain yang dapat dikerjakan di malam Nuzulul Qur’an adalah memperbanyak sholat malam dan berdoa. Banyak sekali keutamaan yang dapat diraih bila mengerjakan sholat malam, karena shalat malam merupakan sholat yang paling utama setelah shalat maktubah (lima waktu). Sholat malam ini memiliki keutamaan layaknya sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia).

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.