Sukses

Orang Islam Pasti Masuk Surga Kata Gus Baha, Ini Alasannya

Pengasuh Pondok Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an LP3IA yang sekaligus Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menerangkan perihal umat Islam itu pasti menjadi ahli surga.

Liputan6.com, Cilacap - Pengasuh Pondok Pengasuh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an LP3IA yang sekaligus Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha menerangkan perihal semua orang Islam itu pasti menjadi ahli surga.

Murid kesayangan Mbah Moen menegaskan hal mendasar ini untuk membangkitkan optimisme di kalangan umat Islam yang boleh jadi selama ini dirasuki faham psimisme dalam beragama.

Dalam menyampaikan hal ini, ulama kharismatik asal Rembang ini dengan dasar naqli yang kuat, yakni hadis Rasululullah SAW.

Meskipun dengan pembahasan yang santai dan menarik disertai dengan humor-humor ringan, materi yang disampaikan Gus Baha ini mudah sekali dicerna.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Orang Islam Itu Ahli Surga

Gus Baha mengatakan bahwa semua umat Islam pasti akan memperoleh kemenangan di akhirat yakni berpredikat sebagai ahli surga.

“Sebetulnya saya membela semua umat Islam ilu ahlil jannah (ahli surga),” terangnya dikutip dari tayangan YouTube Progesif TV, Kamis (21/03/2024).

“Karena saya ini ibarat marketing, kalau orang Kristiani kan orang mati sudah tenang bersama bapak di surga,” sambungnya.

Gus Baha mengkritisi seseorang yang berpandangan psimis kepada umat Islam, padahal ia telah memiliki level yang tinggi dalam hal agama.

“Sementara kita sudah Kiai, sudah imam masjid, sudah ulama, masih saja dikhawatirkan su’ul khotimah,” ujarnya.

“Maka saya bilang semua orang mukmin itu ahlul Jannah,” sambungnya

 

3 dari 3 halaman

Ini Alasannya

Gus Baha ungkap alasannya berdasarkan hadis Rasulullah SAW yang menerangkan bahwa barang siapa yang berkata laa ilaha illallah, maka ia akan masuk surga

“Karena memang asli hadisnya seperti itu, man qaala laailaaha illallah dakhalal Jannah,” terangnya.

Atas dasar ini, Gus Baha mengkritik pandangan yang mengatakan bahwa masuk surga itu susah. Menurutnya hal itu tidak benar. Masuk surga bagi umat Islam itu mudah.

“Bahwa kemudian ada beberapa orang yang wataknya psimis, mungkin seakan-akan masuk surga itu susahnya bukan main,” paparnya.

“Lah itu saya tidak setuju dengan kampanye sebelah yang setiap orang mati itu dibilang sudah tenang bersama bapak di surga,” sambungnya.

Ia pun mengatakan bahwa jika ada orang Islam sampai masuk neraka itu merpakan hal yang aneh sebab, kunci surga sudah dibocorkan, yaitu laa ilaaha illallah.

“Jadi ini penting, yang kedua saya bilang agama ini sudah begitu baik, masa kunci surge sudah dibocorkan, miftahul Jannah laailaaha illallah,” terangnya.

“Masa sudah pegang kuncinya ga jadi masuk surga kan aneh, ya sudah masuh saja jangan minta bantuan saya, kan sudah pegang kuncinya,” kelakarnya. 

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.