Sukses

Jangan Lewatkan Ibadah Ini Selama Ramadhan, Potensial Raih Lailatul Qadar!

Keutamaan menjaga sholat tarawih di bulan Ramadhan. Ganjaran pahala hingga meraih malam yang lebih utama dari seribu bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Tak heran jika kehadiran bulan mulia ini disambut luar biasa oleh umat muslim di seluruh dunia.

Tempat-tempat ibadah sudah dipersiapkan dengan sangat baik, mulai dari memperbarui warna cat, memaksimalkan penerangan cahaya ruangan, menata ulang ruangan dan sejumlah upaya untuk menciptakan kenyamanan beribadah.

Salah satu ibadah sunnah yang mendapat sambutan antusias bagi umat Muslim adalah sholat tarawih. Kita bisa menyaksikan volume jamaah di masjid dan mushala yang lebih penuh dibanding bulan-bulan selain Ramadan.

Mulai dari golongan muda hingga tua semuanya berbondong-bondong mendatangi rumah Allah. Ibaratnya jika puasa Ramadhan tanpa tarawih bagaikan masakan tanpa garam.

Namun biasanya menjelang pertengahan hingga akhir Ramadhan masjid ataupun mushola terlihat sepi karena semangat ibadah yang mulai kendur. Oleh karena itu, kita perlu untuk menjaga konsistensi ibadah hingga akhir agar keberkahan tetap mengalir.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penghapus Dosa Terdahulu

Mengutip dari laman NU Online, keutamaan bagi orang yang melaksanakan sholat tarawih sendiri sangat besar, yaitu mendapat pengampunan dosa. Berkaitan dengan hal ini, Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau”. (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Ulama sepakat bahwa kata "qâma ramadana" berarti sholat tarawih. Secara tegas hadis ini memotivasi umat Muslim agar melaksanakan sholat yang boleh dikatakan sebagai ibadah eksklusif di bulan Ramadan. Adapun  pahala yang dijanjikan adalah ampunan dosa-dosa, dengan catatan harus yakin akan keutamaannya dan dijalani dengan penuh keikhlasan. (as-Syirbini, Mughnil Muhtaj, tt; juz 1, h. 459).

Maksud dari hadis di atas yaitu bahwasanya sholat tarawih yang hanya terdapat di bulan Ramadan ini akan menjadi penyucian diri bagi umat Muslim dari dosa-dosa yang pernah diperbuat selama berada di muka bumi ini. 

Imam Haramain mengatakan bahwa dosa yang bisa dihapus karena sholat tarawih adalah dosa kecil, sebab dosa besar hanya bisa dilebur dengan jalan taubat. Berbeda dengan Imam Ibnul Mundzir yang memaparkan bahwa dosa yang dihapus adalah seluruhnya, baik kecil maupun besar. Sebab, untuk menyebut kata dosa pada redaksi hadis di atas adalah menggunakan lafal “ma” yang dalam diskursus gramatika bahasa Arab (ilmu nahwu) memiliki arti umum. (al-Ramli, Nihayatul Muhtaj, tt: juz 3, hal. 206).

3 dari 4 halaman

Menjaga Konsistensi Sholat Tarawih

Namun demikian, keimanan manusia adakalanya naik dan terkadang juga turun dalam beribadah. Naik turunnya iman sendiri bisa dideteksi melalui semangat ibadah yang dilakukan seseorang. Semakin dia giat beribadah dalam kesehariannya, biasanya semakin naik pula dosis keimanannya. Namun sebaliknya, jika ibadahnya mulai redup, pertanda dosis imannya mengalami penurunan.

Demikian pula dalam realitas pelaksanaan sholat tarawih yang terjadi di masyarakat. Pekan pertama sampai pertengahan Ramadan mungkin volume jamaah masih ramai karena pada saat awal puasa pastinya antusiasme menyambut Ramadan masih sangat besar, akan tapi begitu memasuki separuh bulan terakhir apalagi mendekati Hari Raya Idul Fitri, jumlah jamaah perlahan melandai. Yang tadinya harus dipasang alas terpal di depan mushola untuk menampung jamaah yang membludak, kini bagian dalam mushola saja kadang tidak penuh.

Alasannya pun beragam, mulai dari kesibukan pribadi sampai tradisi yang biasa dilakukan seperti mempersiapkan kedatangan Hari Raya Idul Fitri dengan membuat aneka macam kue lebaran, menghias rumah, dan macam ragam lainnya.

Padahal apabila  kita memahami betul tentang betapa besar pahala yang diperoleh umat Muslim dalam menjaga konsistensi sholat tarawih entah itu dikerjakan di masjid secara berjamaah maupun sendiri, tentu seharusnya semakin mendekati lebaran, semakin semangat pula tarawihnya, dan juga ibadah-ibadah lainnya.

4 dari 4 halaman

Momentum Potensial Menyambut Malam Lailatul Qadar

Dalam salah satu potongan hadisnya, Rasulullah SAW bersabda,

إنَّ الرَّجُلَ إِذَا صَلَّى مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ حُسِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ 

Artinya: “Sesungguhnya seorang laki-laki yang melaksanakan sholat bersama Imam (berjamaah) sampai selesai, maka baginya dihitung pahala beribadah satu malam penuh.” (HR Abu Dawud)

Hadis di atas menjelaskan bahwa orang yang melaksanakan sholat berjamaah dan tidak bubar sampai imam selesai (ikut membaca dzikir dan berdoa), maka ia akan memperoleh pahala senilai beribadah selama satu malam penuh, terhitung ibadah wajib dan sunnah. Imam Abu Dawud dalam Sunan-nya mendata hadis di atas dalam bab keutamaan melaksanakan sholat pada bulan Ramadhan. (Abu Thayyib Abadi, ‘Aunul Ma’bûd, 2017; juz 2, h. 168)

Artinya, jika konteks hadis ini diberlakukan dalam sholat tarawih, maka barang siapa yang melaksanakan sholat tarawih sampai selesai berikut witir beserta dzikir dan doa bersama imam, ia akan memperoleh pahala setara menghidupkan satu malam penuh dengan ibadah. Belum lagi malam Ramadan, pasti pahalanya lebih besar lagi dibanding malam-malam lainnya.

Lebih jauh tentang tarawih ini, para ulama menjelaskan bahwa sepuluh hari terakhir Ramadhan merupakan malam-malam paling potensial datangnya Lailatul Qadar, momen yang paling diimpikan oleh umat Nabi Muhammad SAW. Artinya, jika kita konsisten menjaga sholat tarawih sampai satu bulan penuh selama Ramadhan, akan banyak sekali pahala yang diperoleh termasuk meraih malam yang lebih utama dari seribu bulan ini.

Pertama, diampuni dosa-dosanya sebagaimana disinggung dalam hadis di atas. Kedua, mendapat pahala senilai menghidupkan satu malam penuh dengan beribadah selama satu bulan Ramadhan. Ketiga, berkesempatan meraih malam Lailatul Qadar di sepuluh hari terakhir.

Semoga Ramadhan tahun ini kita selalu diberi kekuatan iman dan imun untuk menjalankan puasa satu bulan penuh dan segala amalan-amalan sunnah di dalamnya termasuk salat tarawih. Sholat tarawih memang sunnah, tapi ia hanya ada satu bulan dalam kurun waktu satu tahun. Wallahu a’lam bishshawab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.