Sukses

7 Amalan bagi Perempuan Haid dengan Pahala Tak Kalah dari Puasa Ramadhan, Jangan Berkecil Hati

Perempuan haid meskipun tidak dapat sholat dan berpuasa di bulan ramadhan, namun masih bisa mendapatkan pahala dengan melakukan amalan-amalan sunnah lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Pahala itu dapat diperoleh dengan memperbanyak ibadah baik sunnah maupun wajib.

Akan tetapi berbeda halnya bagi para muslimah, terkadang ada waktu-waktu tertentu di mana mereka tidak dapat melakukan ibadah saat sedang haid atau menstruasi.

Sehingga akhirnya berpikiran dalam kondisi tersebut akan menghalangi perempuan untuk mendapatkan pahala di bulan Ramadhan. Sebab periode menstruasi umumnya berlangsung cukup lama sekitar satu minggu. 

Namun, kamu tidak perlu bersedih karena masih banyak amalan lain yang dapat dikerjakan saat haid namun tidak melanggar syariat Islam. Serupa dengan puasa dan sholat yang diganjar pahala berlipat, amalan-amalan ini juga akan mendapatkan balasan pahala yang dahsyat dari Allah SWT.

Berikut adalah beberapa amalan di bulan Ramadhan untuk perempuan haid sebagaimana dirangkum dari laman tangerangkota.go.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalan Ramadhan bagi Perempuan Haid

1. Berdzikir

Dari Abu Hurairah RA, menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Ada dua kalimat yang ringan di lisan, berat di timbangan, dan disukai Arrahman, Subhanallah, Wabihamdihi, dan Subhaanallahul 'azhiim." (HR Bukhari)

Dzikir merupakan amal ibadah yang dianjurkan siapapun dan kapan pun. Jenis-jenis dzikir pun ada banyak, wanita yang sedang menstruasi bisa mengucapkan berbagai kalimat thayyibah seperti tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan lainnya. Selama dalam keadaan menstruasi, wanita diperbolehkan berdzikir dan tetap menyebut Asma Allah SWT.

2. Mendengarkan lantunan Al-Qur'an

Dari hadis riwayat Ibnu Majah, Aisyah Ra berkata, "Rasulullah SAW meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang menstruasi, dan ia membaca Al-Qur'an". Jadi, meski tidak bisa membaca Al-Qur'an karena kondisi sedang dalam keadaan hadas besar, wanita bisa menggantinya dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an. Dengan tetap mendengar lantunan ayat suci, hati wanita saat menstruasi akan selalu dekat dengan Allah.

3. Memperbanyak Sholawat

Amalan lain yang bisa dilakukan wanita yang sedang menstruasi saat Ramadan adalah memperbanyak sholawat. Allah SWT berfirman dalam surah AL Ahzab ayat 56, "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya."

 

 

3 dari 3 halaman

Amalan Ramadhan bagi Perempuan Haid

4. Bersedekah

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim,

"Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni neraka". (HR. Muslim)

Dengan begitu, bersedekah merupakan amalan yang mudah namun pahalanya cukup besar, seperti memberi santunan kepada fakir miskin, anak yatim hingga hanya menebar senyuman kebaikan.

5. Menyiapkan Sahur dan Berbuka untuk Orang yang Puasa

Salah satu amalan yang bisa dilakukan adalah menyiapkan menu sahur dan berbuka untuk orang yang sedang berpuasa. Menyiapkan hidangan berbuka puasa atau memberi makan orang berpuasa menjadi salah satu amalan penuh pahala bagi wanita saat menstruasi di bulan Ramadhan. Nilainya bahkan setara dengan orang berpuasa.

6. Menghadiri majelis taklim atau pengajian

Amalan wanita yang sedang menstruasi saat puasa Ramadhan yakni menghadiri majelis takim atau pengajian. Bagi wanita saat menstruasi memang dilarang datang atau masuk ke masjid, namun boleh mengikuti pengajian asalkan tidak di dalam masjid.

7. Bersilaturrahmi

Bersilaturrahmi merupakan amalan mudah yang bisa dilakukan wanita ketika dalam keadaan menstruasi. Bisa dilakukan dengan berkunjung ke saudara, teman, dan kerabat, sehingga dapat menambah pahala dan membuka pintu rezeki sesama umat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.