Sukses

Karena Cinta, Gunung Ini Bakal Ada di Surga

Inilah keistimewaan Gunung Uhud yang dicintai Nabi Muhammad SAW

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Uhud memiliki keterkaitan yang mendalam dalam sejarah Islam dan dianggap sebagai salah satu tempat yang diberkahi oleh Allah.

Terletak di Madinah, Arab Saudi, gunung ini menjadi saksi sejumlah peristiwa penting selama kehidupan Rasulullah SAW dan umat Islam awal. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa gunung Uhud adalah salah satu gunung yang Allah cintai, dan setiap batu di gunung ini memberikan salam kepada Nabi.

Keberkahan Gunung Uhud juga terkait erat dengan peristiwa perang Uhud pada tahun 625 M. Meskipun umat Islam mengalami kekalahan dalam pertempuran ini, peristiwa ini memberikan pelajaran berharga dan menjadi titik ujian iman bagi para sahabat. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran, peristiwa ini mengingatkan umat Islam untuk tetap berpegang teguh pada ajaran Allah, meskipun menghadapi kesulitan.

Menurut hadis-hadis, Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa Gunung Uhud mencintai umat Islam dan umat Islam juga mencintainya.

Oleh karena itu, menjaga kehormatan dan kebersihan tempat ini menjadi suatu keutamaan bagi umat Islam. Banyak umat Islam yang memilih untuk mengunjungi Gunung Uhud sebagai bentuk ibadah dan mengingat kembali peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di sana.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunung Uhud adalah Bukit yang Terdapat di Surga

Keberkahan Gunung Uhud tidak hanya terbatas pada peristiwa sejarah, tetapi juga merupakan bagian dari keyakinan umat Islam terkait dengan surga.

Beberapa hadis menyatakan bahwa gunung ini akan bersaksi untuk orang-orang yang mencintai Rasulullah SAW pada hari kiamat, dan mereka akan mendapatkan tempat yang istimewa di surga.

Oleh karena itu, Gunung Uhud menjadi salah satu tempat suci dan bersejarah yang dihormati oleh umat Islam, dan kunjungan ke tempat ini dianggap sebagai pengalaman spiritual yang mendalam.

Mengutip jateng.nu.or.id, Jika Anda ingin melihat gunung yang berada di surga, maka berziarahlah ke Gunung Uhud. Rasulullah SAW bersabda "Gunung Uhud adalah salah satu dari bukit-bukit yang terdapat di surga".

 

3 dari 3 halaman

Kecintaan Gunung Uhud kepada Rasulullah SAW Berlanjut ke Surga

Kecintaan Gunung Uhud kepada Rasulullah SAW akan berlanjut hingga ke surga. Sungguh kecintaan seseorang akan mengantarkan kebersamaan dengan orang yang dicintai, maka siapapun dari kita yang mencintai Rasulullah SAW kelak akan bersamanya di surga.

Hadits Nabi dari Anas bin Malik RA berkata Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

«مَنْ أَحْيَا سُنَّتِي فَقَدْ أَحَبَّنِي، وَمَنْ أَحَبَّنِي كَانَ مَعِي فِي الْجَنَّةِ»

Artinya:Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku berarti ia telah memcintaiku, dan siapa saja yang mencintaiku, maka ia bersamaku menjadi penghuni surga. (HR Tirmidzi dan Thabarani).

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.