Sukses

Ini 6 Golongan Wanita Sulit Masuk Surga, Nomor 4 Mudah Dilihat di Sekitar Kita

ternyata, ada golongan wanita yang sulit masuk surga. Sebaliknya, mereka menjadi ahli neraka. Na'udzubillah

Liputan6.com, Jakarta - Jannah atau surga menjadi idaman tiap umat Islam. Sebaliknya, neraka menjadi hal yang paling ditakuti dan dihindari.

Namun ternyata, ada golongan wanita yang sulit masuk surga. Sebaliknya, mereka menjadi ahli neraka. Na'udzubillah.

Dalam Islam, istilah "ahli neraka" merujuk kepada mereka yang akan dihukum dan dihantarkan ke dalam neraka sebagai akibat perbuatan dan pilihan hidup mereka yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Konsep ahli neraka dan ahli surga merupakan bagian dari keyakinan umat Islam tentang kehidupan setelah mati dan penghakiman terakhir.

Al-Qur'an menyebutkan tentang nasib ahli neraka di beberapa ayat. Mereka adalah orang-orang yang melakukan perbuatan dosa besar, menolak kebenaran, dan menentang petunjuk Allah. Al-Qur'an menjelaskan bahwa mereka akan menghadapi siksaan yang pedih di akhirat.

Meskipun konsep ahli neraka dalam Islam menyiratkan hukuman, penting untuk dicatat bahwa Allah adalah Maha Adil dan Maha Penyayang. Dalam Al-Qur'an, Allah menyebutkan bahwa Dia memberikan kesempatan kepada hamba-Nya untuk bertaubat dan kembali kepada-Nya dengan ikhlas.

Oleh karena itu, tidak selamanya seseorang harus tetap menjadi ahli neraka jika mereka bertaubat dengan sungguh-sungguh dan mengubah perilaku mereka.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sebelum Terlambat Bisa Bertaubat

Islam mengajarkan tentang keadilan, ampunan, dan belas kasih Allah. Pemahaman tentang ahli neraka juga harus dilihat sebagai seruan untuk menghindari dosa dan melakukan kebaikan agar dapat mencapai surga. Pengajaran ini memberikan umat Islam arahan moral dan etika untuk hidup yang baik dan taat kepada Allah.

Nah bagaimanakah wanita-wanita yang sulit masuk surga ini? Semoga sebelum terlambat, masih ada peluang waktu untuk bertaubat.

Mengutip muslimahdaily.com, surga memang menjadi dambaan setiap insan, namun ada syarat agar bisa kekal abadi di dalamnya. Kadang, seringkali manusia lupa bahwa ada syarat yang harus dipenuhi ketika ingin mendapatkan nikmat tersebut. Pada akhirnya, mereka terlena pada nikmatnya dunia yang sifatnya hanya sementara.

Hal tersebut akhirnya menyebabkan mereka sulit untuk masuk ke dalam surga, khususnya para wanita yang disebutkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam telah mendominasi isi neraka karena dosa-dosanya.

3 dari 5 halaman

6 Golongan Wanita Sulit Masuk Surga

Dari Imran bin Husain, Rasulullah bersabda, “Aku diperlihatkan di surga, Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum fakir. Lalu aku diperlihatkan neraka. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Berikut 6 golongan wanita yang sulit masuk ke dalam surga dan tak dapat mencicipi kenikmatan tak terhingga di dalamnya:

1. Wanita yang Menyemir Rambutnya dengan Warna Hitam

Wanita pertama yang sulit untuk masuk surga adalah mereka yang suka menyemir rambutnya dengan warna hitam, bahkan ia disebutkan tak akan mendapat bau surga. Sebagaimana disampaikan oleh Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma,

Rasulullah bersabda,“Pada akhir zaman nanti akan ada orang-orang yang mengecat rambutnya dengan warna hitam seperti warna mayoritas dada merpati, mereka tidak akan mendapat bau surga.” (HR. Abu Daud)

2. Tak Mau Taat Pada Suami

Golongan kedua yang sulit masuk surga adalah mereka yang engga taat pada suami. Dikatakan dalam sebuah hadist bahwa suami adalah surga dan nerakanya seorang istri. Begitu mudah bagi para wanita untuk mendapatkan surga dari sang suami begitupun sebaliknya.

Al-Hushain bin Mihshan menceritakan bahwa bibinya pernah datang ke tempat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam karena satu keperluan. Seselesainya dari keperluan tersebut, Rasulullah bertanya kepadanya,

“Apakah engkau sudah bersuami?” Bibi Al-Hushain menjawab, “Sudah.” “Bagaimana (sikap) engkau terhadap suamimu?”, tanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lagi. Ia menjawab, “Aku tidak pernah mengurangi haknya kecuali dalam perkara yang aku tidak mampu.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, “Lihatlah di mana keberadaanmu dalam pergaulanmu dengan suamimu, karena suamimu adalah surga dan nerakamu.” (HR. Ahmad)

Dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda,

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah ke dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)

 

4 dari 5 halaman

Berpakaian Tapi Telanjang

3. Kurang Mensyukuri Pemberian Suami

Diantara penyebab banyaknya wanita yang menjadi penghuni surga adalah mereka yang kurang mensyukuri pemberian suami. Para istri yang melihat sedikit kebaikan pada suaminya meski sebenarnya sudah diberikan banyak oleh snag suami. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist berikut:

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata, Rasulullah bersabda,

“Aku diperlihatkan neraka. Aku tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yang sangat mengerikan. Dan aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita. Mereka bertanya, ‘Kenapa bisa seperti itu wahai Rasulullah?’ Beliau bersabda, ‘Dikarenakan kekufurannya.’ Lalu ada yang berkata, ‘Apakah karena mereka kufur kepada Allah?’ Beliau menjawab, ‘Mereka kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. Jika engkau berbuat baik kepada istrimu sepanjang tahun, kemudian ia melihat sedikit engkau tidak berbuat baik padanya sekali saja, pasti ia akan mengatakan, ‘Aku tidak melihat kebaikan sedikitpun padamu.” (HR. Bukhari)

4. Wanita yang Berpakaian Tetapi Telanjang dan Rambut Punuk Unta

Golongan wanita yang sulit masuk surga selanjutnya adalah wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok dan juga rambut punuk unta.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda,

“Ada dua golongan penghuni neraka yang belum pernah aku lihat: (1) suatu kaum yang membawa cambuk seperti ekor sapi, dengannya ia memukuli orang; (2) wanita-wanita yang berpakaian (tetapi) telanjang, mereka berlenggak-lenggok dan condong (dari ketaatan), rambut mereka seperti punuk unta yang miring, mereka tidak masuk surga dan tidak akan mencium baunya, padahal sesungguhnya bau surga itu tercium dari perjalanan sejauh ini dan ini.” (HR. Muslim)

 

5 dari 5 halaman

Wanita Minta Cerai Tanpa Alasan

5. Wanita yang Mengaku Keturunan Orang Lain

Wanita lain yang sulit untuk masuk surga, bahkan mencium baunya saja yang telah tercium dari jarak tujuh puluh tahun perjalanan adalah mereka yang mengaku keturunan dari orang lain yang bukan ayahnya.

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah bersabda,

“Barangsiapa mengaku keturunan dari orang lain yang bukan ayahnya sendiri tidak akan mendapatkan bau surga. Padahal bau surga telah tercium pada jarak tujuh puluh tahun, atau tujuh puluh tahun perjalanan.” (HR. Ahmad)

6. Wanita yang Meminta Cerai Tanpa Alasan

Perceraian merupakan salah satu perbuatan yang tidak disukai oleh Allah. Terlebih apabila sang wanita meminta cerai tanpa alasan yang jelas dan hanya mementingkan egonya saja. Maka ia termasuk para wanita yang akan sulit memasuki surga.

Dari Tsauban radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda,

“Wanita mana saja yang meminta talak (cerai) tanpa ada alasan yang jelas, maka haram baginya mencium bau surga.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Naudzubillah, semoga kita tak masuk ke dalam enam golongan tersebut.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.