Sukses

Fadhilah Sholat Bardain, Mendapat Perlindungan Allah dan Diperhatikan di Hari Kiamat

Setidaknya ada 4 keutamaan sholat bardain. Dua di antaranya adalah mendapat perlindungan dan diperhatikan Allah SWT di hari kiamat.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang muslim wajib melakukan sholat fardhu 5 waktu. Saking pentingnya, sholat menjadi rukun Islam kedua, yang juga menjadi penanda bahwa dia adalah seorang muslim.

Pahala sholat fardhu sangat besar. Meninggalkannya atau tarikushalat adalah haram dan diganjar dosa. Jika meninggalkan sholat fardhu maka wajib diqadha.

Ada berbagai keutamaan atau fadhilah sholat fardhu. Kali ini, kita khusus membahasa keutamaan sholat bardain. Bagi yang belum tahu, sholat bardain adalah sholat subuh dan sholat ashar.

Kedua sholat tersebut memiliki keutamaan lebih besar dibanding sholat wajib lainya. sholat Subuh merupakan salat dua rakaat yang dilaksanakan saat munculnya cahaya kemerah-merahanan dari ufuk timur sampai sebelum matahari terbit di ufuk timur.

Jumlah sholat Subuh adalah dua rakaat yang diakhiri dengan satu salam. Sementara itu, sholat Ashar merupakan salat empat rakaat yang dilaksanakan saat sore hari menjelang terbenamnya matahari di ufuk barat.

Setidaknya ada 4 keutamaan sholat bardain. Dua di antaranya adalah mendapat perlindungan dan diperhatikan Allah SWT di hari kiamat.

Selengkapnya, simak penjelasan ini.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Di Balik Fadhilah Sholat Subuh dan Ashar

Keutamaan kedua sholat ini tentu ada hubungannya dengan waktu pelaksanaannya yang 'berat' dibanding sholat wajib lainnya. "Bagi sebagian orang, mengerjakan salat Subuh mungkin merupakan hal yang berat," demikian dikutip dari website resmi UII Yogyakarta, Jumat (19/1/2024).

Seperti contoh, para mahasiswa yang terkadang bingung menata jadwal tidur sehingga tidak jarang ada yang tidur terlalu larut. Bergadang dan bangun siang ini membuat mereka menyepelekan salat yang juga merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam, yaitu salat Subuh.

Melansir laman informaticsuii.ac.id, waktu salat Subuh yang begitu pagi terkadang memberatkan seseorang untuk bangun dari nyenyaknya tidur dan mengambil wudhu untuk melaksanakan salat Subuh.

Salat Ashar memiliki keutamaan yang tidak kalah dengan salat Subuh. Namun, pada beberapa kasus, sering kali sebagian dari umat Islam itu sendiri menyepelekan salat Ashar karena beberapa alasan. Kesibukan dari aktivitas sehari-hari membuat mereka sulit mengatur waktu untuk melaksanakan salat Ashar.

Berdasarkan penjelasan di atas, tanpa kita sadari, banyak hal yang sering kali membuat sebagian muslim meninggalkan salat Subuh dan Ashar ataupun melaksanakannya tetapi tidak tepat waktu. Artikel ini bertujuan memaparkan beberapa keutamaan dari salat Subuh dan salat Ashar yang diriwayatkan pada beberapa hadis.

3 dari 5 halaman

Keutamaan Sholat Bardain

Ada beberapa hadis yang diriwayatkan oleh Rasulullah dan para sahabat tentang keutamaan melaksanakan salat Subuh dan Ashar:

1. Jaminan Masuk Surga

Dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Barangsiapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu salat subuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR.Bukhari 574 dan Muslim 635).

Dari hadis tersebut, dapat kita simpulkan bahwa ada dua waktu salat yang mempunyai keutamaan lebih besar dibanding keutamaan salat wajib lainnya. Sebagian ulama berpendapat karena dua waktu tersebut adalah waktu yang sulit. Kita semua tahu waktu subuh adalah waktu yang sulit karena kita sedang mengistirahatkan tubuh. Sementara itu, waktu ashar adalah waktu di mana kita sedang disibukkan oleh aktivitas duniawi.

2. Terhindar dari Api Neraka

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

“Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan salat sebelum terbitnya matahari (yaitu salat subuh) dan sebelum tenggelamnya matahari (yaitu salat ashar).” (HR.Muslim  634)

Dari hadis tersebut, orang yang melaksanakan salat Subuh dan Ashar akan mendapat amalan berupa terhindar dari api neraka.

 

4 dari 5 halaman

3. Disaksikan oleh Para Malaikat

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

“Sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al Isra’: 78) (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 3: 250, Asy Syamilah)

dan

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada salat fajar (subuh).” (HR.Bukhari 137 dan Muslim 632)

Ibnu Baththal rahimahullah berkata, “Salat Subuh akan membuat seseorang mendapatkan perhatian Allah pada hari kiamat.” Kenapa dikhususkan salat ini? Karena berkumpulnya para malaikat malam dan malaikat siang pada waktu tersebut. Selain itu, salat Subuh membuat kita lebih produktif karena salat Subuh dilakukan ketika pagi hari di mana udara masih terasa segar dan dalam kondisi sepi sehingga dapat lebih khusyuk.

4. Mendapat Perlindungan dari Allah SWT

مَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِى جَمَاعَةٍ فَهُوَ فِى ذِمَّةِ اللهِ

“Barangsiapa salat subuh berjamaah, maka dia dalam perlindungan Allah.” (HR. Ibnu Majah dan Thabrani).

Dari hadis tersebut, dapat disimpulkan bahwa Allah akan memberikan perlindungan kepada orang yang melaksanakan salat Subuh. Selain itu, kita akan mendapat pahala yang sangat banyak di sisi Allah. Pahala tersebut tidak hanya di dunia saja, bahkan sampai di akhirat kelak. Allah akan memberikan pertolongan dan kemudahan kepada hambanya yang mengerjakan salat Subuh tepat waktu.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sholat Subuh dan Ashar

Sholat Subuh dan Ashar memiliki banyak manfaat dan fungsi seperti yang dijelaskan pada hadis-hadis di atas. Sayangnya, tidak sedikit dari umat Islam yang melalaikan manfaat-manfaat tersebut sehingga sering meninggalkan salat Subuh dan Ashar ataupun tidak menjalankan salat Subuh dan Ashar dengan tepat waktu.

Tidak hanya itu saja, banyak orang yang memilih untuk melakukan salat Subuh di rumah dibandingkan dengan melakukan salat Subuh berjamaah di masjid.

Padahal keutamaan salat Subuh dan salat Ashar adalah ketika dilaksanakan di masjid dan juga pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah. Sebagai seorang muslim, hendaknya kita harus menjaga salat kita dan senantiasa memperbanyak amalan sebagai bekal akhirat nanti.

Sekian yang dapat kami tuliskan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan membuka wawasan kita tentang keutamaan salat bardain. Terima kasih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.