Sukses

Sosok KH Buya Syakur, Ulama Cerdas yang Malang Melintang di Timur Tengah dan Eropa

Buya Syakur yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Cadangpinggan Indramayu menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon, Jawa Barat, dalam usia 75 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari salah satu ulama kharismatik asal Indramayu, Jawa Barat. KH Syakur Yasin atau Dikenal Buya Syakur meninggal dunia pada Rabu (17/1/2024) sekitar pukul 02.00 WIB dinihari. 

"Innalillahi wainna ilaihri raaji’un. Sampun kapundut dateng kersane Gusti Allah (telah dipanggil ke Rahmatullah) KH. Buya Syakur Yasin Cadangpinggan. Mugi Husnul Khatimah," demikian kata Kiai Rifqiel Asyiq yang bersumber dari orang dekatnya, dikutip dari NU Online.

Buya Syakur yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Cadangpinggan Indramayu menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon, Jawa Barat, dalam usia 75 tahun.

Lahir di Desa Tulungagung, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu pada 2 Februari 1948, Buya Syakur tumbuh menjadi seorang ulama kharismatik. Pengajian rutinnya kerap diikuti oleh lintas kalangan, baik secara langsung di pesantren asuhannya ataupun menyimak dari kanal YouTube-nya.

Gaya penyampaian kajian Islam Buya Syakur sangat khas ala ulama Nahdlatul Ulama (NU). Suaranya tidak pernah meninggi. Ketika menjelaskan persoalan yang rumit ia sampaikan dengan perlahan dan fokus.

Selain itu, isi kajian Buya Syakur lebih mengutamakan kehidupan bermuamalah di tengah kehidupan masyarakat yang majemuk. Wawasannya yang luas menjadikan ia dikenal sebagai salah satu ulama cerdas.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenyam Pendidikan Sampai Timur Tengah dan Eropa

Mengutip ansorwatulimo.or.id, masa pendidikan Buya Syakur dari kecil hingga dewasa selain banyak dihabiskan di pondok pesantren, beliau juga menambah keilmuan serta wawasan beliau di berbagai negara Arab dan Eropa. 

Selama kurang lebih 12 tahun, Buya Syakur secara intensif menggali pengetahuan keagamaan dari pondok pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon. Sebab tumbuh di lingkungan pondok pesantren, sejak dini beliau diajarkan ilmu agama dan moral. 

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Babakan, Buya Syakur melanjutkan pendidikan akademiknya di Timur Tengah dan Eropa, di antaranya sebagai berikut.

1. Melanjutkan pendidikan di Irak pada tahun 1971, bersamaan dengan itu beliau kemudian diangkat menjadi ketua PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Syiria.

2. Mendalami ilmu Al-Qur’an di Libya pada tahun 1977.

3. Menyelesaikan sastra Arab pada tahun 1979.

4. Menyelesaikan sastra linguistik di Tunisia pada tahun 1981.

5. Menyelesaikan ilmu metodologi di London pada tahun 1985.

3 dari 4 halaman

Peranan Dakwah

Setelah kurang lebih 20 tahun mengenyam pendidikan akademiknya di Timur Tengah dan Eropa, Buya Syakur pulang ke Tanah Air pada 1991 bersama Gus Dur, Quraish Shihab, Nurcholis Majid dan Alwi Shihab. 

Di Indonesia ia membaktikan diri berdakwah di kampung halamannya, Indramayu. Ia kemudian mendirikan Pondok Pesantren Cadangpinggan pada 1995 di Jl. By Pass Kertasemaya KM. 37 Rt.01 Rw. 01 Cadangpinggan, Sukagumiwang, Indramayu.

Selain membaktikan diri pada Tanah Air lewat pondok pesantren yang ia dirikan, Buya Syakur juga sering mengisi kajian dengan para masyarakat. Kajian tersebut juga diunggah lewat akun Youtube KH. Buya Syakur MA dan label Wamimma TV sehingga dapat disimak masyarakat luas.

Buya Syakur pernah menyebutkan bahwa menurut Gus Dur hanya ada tiga orang di Indonesia yang berpikir analitis dalam memahami Islam, yakni Quraish Shihab, Buya Syakur, dan Cak Nur.

Hal ini terbukti dari tema-tema yang diunggah lewat akun youtube beliau yang bertema cukup berat dan banyak yang berbasis kitab kontemporer atau tasawuf, sebut saja misalnya fi Zhilali al-Qur’an, La Tahzan karya ‘Aidh al-Qarni, sampai al-Hikam Ibn ‘Athaillah as-Sakandari.

4 dari 4 halaman

Wafat

Buya Syakur wafat pada Rabu, 17 Januari 2024 sekitar pukul 02.00 WIB dinihari. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mitra Plumbon, Cirebon, Jawa Barat, dalam usia 75 tahun. 

Insya Allah husnul khatimah. Semoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT dan semoga keluarga beserta para santrinya diberikan kesabaran. Al Fatihah…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.