Sukses

Beruntungnya Orang yang Meninggal dengan Keringat di Keningnya, Kok Bisa?

Meninggal dengan keringat di kening, inilah tanda-tanda orang yang beruntung

Liputan6.com, Jakarta - Barangkali di antara kita pernah mendapati saudara, sahabat atau bahkan guru-guru kita yang meninggal, dengan keringat di sekitar kening.

Jika saja selama ini tak memperhatikan, ada baiknya kedepan jika melihat jenazah yang berkeringat keningnya maka bersyukurlah, karena itu pertanda baik.

Lalu apa hubungannya antara keringat di kening saat meninggal dan keberuntungan itu?

Simak Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Beberapa Hadis tentang Keringat di Kening saat Orang Hendak Meninggal

Mengutip islampost.com, diriwayatkan, oleh Ibnu Majah bahwa Nabi SAW bersabda, “Seorang mukmin akan meninggal dengan keringat di keningnya.”

Hadis tentang kematian ini juga diriwayatkan oleh Tirmidzi, dan dia berkata, hadis ini hasan.

Salman Al-Farisi berkata, aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Perhatikan tiga hal pada orang yang akan meninggal. jika keningnya berkeringat atau basah, sepasang matanya berlinang, dan hidungnya mengembang, maka itu adalah rahmat Allah yang turun kepadanya. Jika dia mendengkur seperti unta muda yang dicekik kulitnya berwarna padam atau gelap, dan sepasang sudut mulutnya berbuih, maka itu adalah aljabar Allah yang turun kepadanya.”

Hadist ini diriwayatkan oleh Abu Abdullah At-tirmidzi dalam kitab Nawadhir Al-Ushul.

Abdullah berkata, “Pada saat hendak meninggal, sisa-sisa dosa dari seorang Mukmin akan segera diseka atau dibersihkan sehingga hal itu mengakibatkan keningnya berkeringat atau basah”

Ada sementara ulama yang berpendapat bahwa yang berkeringat atau basah adalah tanda bahwa ia sedang merasa malu kepada Allah karena pernah melanggar larangan-larangan-Nya. Tubuhnya yang bagian bawah sudah mati sehingga yang masih bergerak hidup ialah yang bagian atas. Letak rasa malu Itu tampak di kedua matanya. Hal itu tidak akan tampak pada orang kafir atau orang Islam yang sedang diazab.

3 dari 3 halaman

Inilah Maksud Keringat yang Keluar dari Kening

Jadi, keringat yang keluar dari kening seorang mukmin saat meninggal merupakan pertanda bahwa ia sedang merasa malu kepada Tuhannya.

Menurut Imam Al-Qurthubi, ketiga tanda rahmat Allah pada orang yang akan meninggal tersebut bisa terlihat semuanya atau hanya dua saja atau bahkan hanya satu saja, yakni keningnya yang berkeringat. Semua itu tergantung pada tingkat ketaatan dan amalannya masing-masing.

Dalam riwayat Baihaqi dan Thabrani disebutkan bahwa sebuah hadist yang bersumber dari Abdullah bin Mas’ud, “Kematian seorang mukmin itu ditandai dengan kening yang berkeringat atau basah titik dosa-dosa yang masih tersisa diseka dengannya saat meninggal.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.