Sukses

7 Golongan yang Akan Dinaungi Allah SWT saat Hari Kiamat, Siapa Saja?

7 Golongan yang Dinaungi Allah di Hari Kiamat, Salah Satunya Imam yang Adil

Liputan6.com, Jakarta - Yaumul Qiyamah atau hari kiamat diartikan sebagai fenomena kehancuran seluruh alam semesta beserta isinya, dibangkitkannya orang yang sudah mati untuk kemudian dihisab amalan mereka selama hidup di dunia.

Kiamat sendiri disebutkan dalam berbagai surat di Al-Qur'an dan dikhususkan dalam sebuah surat yakni sural Al Qariah.

Datangnya hari kiamat digambarkan sangat dahsyat dan mengerikan. Pun dengan rangkaian dibangkitkannya manusia yang lantas digiring ke Padang Mahsyar.

Semua manusia akan dalam kedaan takut dan gelisah. Namun, ada orang-orang yang terbebas dari rasa takut karena dinaungi Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an disebutkaan setidaknya ada 7 golongan yang dinaungi Allah saat hari kiamat tiba. Berikut penjelasan lengkapnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan dalam Surat Al Qariah

QS Al Qariah ayat 1-11: “Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran,dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan) nya,maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?(Yaitu) api yang sangat panas.”

Adapun telah dijelaskan apabila hari kiamat datang, tidak ada seorang pun yang dapat menghindarinya. Namun, menurut hadist HR Bukhari nomor 660, 1423, 6479, 6806 dan Muslim nomor 1031 menyebutkan ada 7 golongan orang-orang yang akan dinaungi Allah SWT saat hari kiamat tiba.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِيْ ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: اَلْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْـمَسَاجِدِ ، وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللهِ اِجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ ، فَقَالَ : إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

 

3 dari 3 halaman

7 Golongan yang Dinaungi Allah pada Hari Kiamat

Tujuh golongan tersebut yakni:

Imam yang adil, seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allah, seorang yang hatinya bergantung ke masjid, dua orang yang saling mencintai di jalan Allah, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya. Seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, 'Sesungguhnya aku takut kepada Allah,' dan  seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfakkan tangan kanannya, serta, seseorang yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.

Sementara itu, dalam hadist lain juga disebutkan, ada tiga kelompok manusia yang tidak akan mengalami ketakutan pada hari Kiamat. Rasulullah SAW bersabda:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِى الله عَنْهًما قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاَثَةٌ لَا يَهُوْلُهُمُ الْفَزَعُ الأكْبَرُ وَلَا يَنَالهُمُ الحِسَابُ هُمْ عَلى كَثِيبٍ مِنْ مِسكٍ حَتَّى يُفْرَغَ مِنْ حِسَابِ الخَلائِقِ رَجُلٌ قَرأَ القُرآنَ ابْتِغَآْءَ وَجْهِ اللهِ وَاَمَّ قَوْماً وَهُمْ بِهِ رَاضُوْنَ وَدَاعٍ يَدْعُوْنَ إلى الصَّلواتِ ابْتِغآء وجْهِ اللهِ وَرَجُلٌ اَحْسَنَ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ مَوَالِيهِ. (رواه الطبراني في معاجم الثلاثة).

Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah bersabda, “Tiga orang yang tidak akan mengalami ketakutan pada hari yang sangat menakutkan dan mereka tidak akan dihisab, mereka berada di atas tumpukan kasturi hingga selesai hisab terhadap semua manusia: (1) Seseorang yang membaca Al-Qur’an semata-mata mengharap ridha Allah, dan ia mengimami suatu kaum sedang mereka menyukainya; (2) Da’i yang mengajak shalat semata-mata mengharap ridha Allah Ta’ala; (3) Orang yang menjaga hubungan baik antara ia dengan tuannya dan antara ia dengan bawahannya.” (HR. Thabrani, Al-Mu’jamuts Tsalatsah).

Demikian 7 golongan orang-orang yang akan mendapat naungan Allah SWT saat hari kiamat terjadi. Meskipun tidak seorangpun mengetahui waktu kiamat akan terjadi namun bagi umat muslim senantiasa tetap mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga dapat menjadi salah satu umat yang termasuk ke dalam 7 golongan tersebut.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.