Sukses

Profil Syarifah Fadhlun Yahya Keturunan Rasulullah, Istri HRS yang Meninggal

Syarifah Fadhlun binti Fadhil bin Yahya atau biasa dikenal Syarifah Fadhlun Yahya adalah istri Habib Rizieq Shihab (HRS). Syarifah Fadhlun meninggal dunia di kediamannya, Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu 16 Desember 2023.

Liputan6.com, Bogor - Syarifah Fadhlun binti Fadhil bin Yahya atau biasa dikenal Syarifah Fadhlun Yahya adalah istri Habib Rizieq Shihab (HRS). Syarifah Fadhlun meninggal dunia di kediamannya, Petamburan, Jakarta Pusat, pada Sabtu 16 Desember 2023.  

Berikut profilnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Syarifah Fadhlun dilahirkan dari keturunan nasab yang mulia. Ia merupakan cicit dari Habib Usman bin Yahya, seorang Mufti Betawi yang tersohor. Nasabnya tersambung hingga Nabi Muhammad SAW.

Syarifah Fadhlun menikah dengan HRS pada 11 September 1987. Dari pernikahannya itu ia dikaruniai tujuh anak, enam di antaranya adalah perempuan.

Anak-anak mereka yaitu Rufaidah Shihab, Humaira Shihab, Zulfa Shihab, Syarifah Najwa Shihab, Zahra Shihab, Mumtaz Shihab, dan Fairuz Shihab. Rufaidah Shihab atau biasa disapa Aida merupakan anak pertamanya.

Kesetiaan Syarifah Fadhlun terhadap HRS jangan diragukan lagi. Bahkan, ia menjadi penjamin bebas bersyaratnya HRS pada 20 Juli 2022 dari Rutan Bareskrim. 

Sebelumnya, Habib Rizieq menjalani masa pemidanaan sejak Desember 2020. HRS ditahan karena dua sanksi pidana yakni terkait kekarantinaan kesehatan yang divonis 5 bulan dan penyebaran berita bohong.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kabar Syarifah Fadhlun Meninggal

Sebelumnya diberitakan istri HRS, Syarifah Fadhlun menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 15.00 WIB pada Sabtu (16/12/2023) di kediaman pribadinya, Jalan Petamburan, Jakarta Pusat. 

Kabar ini dibenarkan oleh Tim Bantuan Hukum sekaligus Juru Bicara Front Persaudaraan Islam (FPI), Aziz Yanuar saat dihubungi.

"Iya benar, meninggal di rumah sekitar pukul 15.00 WIB," kata Aziz dalam keterangannya dikutip dari kanal News Liputan6.com.

Aziz mengucapkan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Syarifah Fadhlun Yahya. 

"Semoga Allah menerima semua amal shalihnya dan mengampuni segala dosannya. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Dimakamkan di Megamendung, Bogor

Berdasarkan informasi dari Sekretaris Dewan Syuro Slamet Maarif, jenazah akan disholatkan di rumah duka pada Ahad 17 Desember 2023. 

Kemudian, akan dikebumikan di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

"Akan dimakamkan di Ponpes Megamendung Bogor jam 10.00 WIB," kata Maarif dalam keterangan tertulis, Sabtu sore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.