Sukses

Lafal Sholawat Jibril dan Keutamaannya yang Dahsyat, Banjir Rezeki dari Segala Arah

Ada berbagai sholawat yang dikenal dan populer di kalangan muslim. Salah satunya adalah sholawat jibril. Sholawat ini juga memiliki keutamaan luar biasa. Salah satunya membuka pintu rezeki dari segala arah

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam dianjurkan untuk senantiasa bersholawat. Sholawat adalah doa sekaligus pujian untuk Nabi Muhammad SAW.

Di dalamnya penuh dengan keberkahan. Umat Islam akan memperoleh berbagai manfaat dengan bersholawat kepada Rasulullah SAW.

Sholawat yang dibacakan untuk mendoakan Nabi Muhammad SAW sesungguhnya akan kembali kepada yang mengamalkannya. Hal ini Imam Muslim telah meriwayatkan di dalam hadis berikut ini:

Rasulullah saw bersabda: Barang siapa yang membaca shalawat kepadaku satu kali, maka Allah dan malaikat akan membaca shalawat kepadanya sebagaimana banyaknya shalawatnya kepadaku (HR. Muslim).

Bahkan, Nabi SAW sendiri bersabda, orang yang gemar bersholawat adalah orang yang dekat dan akan mendapatkan syfaatnya di hari kiamat.

 

Ada berbagai sholawat yang dikenal dan populer di kalangan muslim. Salah satunya adalah sholawat jibril. Sholawat ini juga memiliki keutamaan luar biasa.

Boleh jadi, selain keutamaan dan manfaat sholawat Jibril, sholawat pendek dan ringkas ini juga menjadikannya sangat populer karena mudah dihafal dalam hitungan menit saja.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lafal Sholawat Jibri, Amalan yang Disukai Allah SWT

Mengutip laman NU Lampung, sholawat juga merupakan amalan yang sangat disukai Allah, yang tidak hanya dipanjatkan oleh umat Muslim, tetapi juga oleh Allah sendiri dan para malaikat-Nya. Sebagaimana disebutkan di dalam firman-Nya dalam surat Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.

Adapun bacaan shalawat Jibril sebagai berikut

 صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shalallaahu ‘ala Muhammad

Artinya: Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad.

Berikut ini beberapa manfaat dari keutamaan shoawat Jibril, jika diamalkan secara rutin. 

 

3 dari 4 halaman

4 Keutamaan Sholawat Jibril

 

1. Dapat Membuka 70 Pintu Rahmat bagi yang Rutin Membacanya

Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Syaroni bahwa Rasulullah bersabda: Barang siapa membaca shalawat Jibril, maka ia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya, dan Allah akan menitipkan cinta-Nya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya. Kecuali orang yang menyimpan kemunafikan dalam hatinya.

2. Dapat Melihat Nabi Muhammad saw dalam Mimpi

Diriwayatkan oleh As-Sakhari, ada seorang laki-laki Syiria datang kepada Nabi Muhammad saw bahwa ayahnya telah renta dan buta namun ingin melihat beliau.

Lalu disarankan untuk membaca shalawat Jibril. Kemudian ia dapat melihat Nabi Muhammad di dalam mimpinya, bahkan bisa meriwayatkan hadits dari beliau.

 

4 dari 4 halaman

3. Peroleh Kebaikan dan Dihapuskan Segala Keburukan

Salah satu manfaat membaca shalawat Jibril yakni selalu mendapatkan kebaikan, diangkat derajatnya dan dihapuskan dari segala keburukan.

Sebagaimana Rasulullah saw bersabda: Barang siapa bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, menghapuskan sepuluh kejelekan darinya, dan mengangkat derajatnya.

4. Membuka Pintu Rezeki dari Segala Arah

Sholawat Jibril juga memiliki keutamaan yakni mendatangkan rezeki dari arah manapun. Rasulullah saw bersabda, Barangsiapa membaca sholawat Jibril sebanyak 5000 kali sehabis salat Dhuha, niscaya Allah akan mencukupi kebutuhannya dan uang akan "datang" kepadanya atas izin Allah swt.

 Mari kita semua memperbanyak membaca sholawat Jibril, terutama sekarang ini, pada bulan Rabiul Awal (bulan Mulud), bulan dilahirkannya sang pencerah umat, Nabi Muhammad saw.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.