Sukses

5 Nabi dan Rasul yang Lahir di Palestina, Negeri yang Mendapat Naungan Sayap Malaikat

Tanah Palestina merupakan tanah yang suci. Pasalnya, beberapa Nabi dan Rasul pernah singgah dan tinggal di negeri ini. Tak hanya itu, tercatat beberapa nabi dan Rasul yang lahir di Palestina ini.

Liputan6.com, Cilacap - Tanah Palestina merupakan tanah yang diberkahi. Pasalnya, beberapa Nabi dan Rasul pernah singgah dan tinggal di negeri ini. Tak hanya itu, tercatat beberapa Nabi dan Rasul yang lahir di Palestina ini.

Palestina merupakan salah satu tempat yang banyak keberkahannya. Sebab Rasulullah saw pernah berdoa untuk negeri ini. Pada masa lalu, Palestina merupakan bagian dari negeri Syam.

‎اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي شَامِنَا وَفِي يَمَنِنَا

"Ya Allah, berkahilah kami, pada negeri Syam kami dan negeri Yaman kami." (HR. Bukhari)

Bahkan dalam hadis lain, Rasulullah SAW menerangkan bahwa penduduk Palestina merupakan orang-orang yang beruntung sebab malaikat membentangkan sayapnya di atas negeri ini,

 ‎عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ ، قَالَ : كُنَّا عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نُؤَلِّفُ الْقُرْآنَ مِنَ الرِّقَاعِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " طُوبَى لِلشَّامِ ". فَقُلْنَا : لِأَيٍّ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ ؟ قَالَ : " لِأَنَّ مَلَائِكَةَ الرَّحْمَنِ بَاسِطَةٌ أَجْنِحَتَهَا عَلَيْهَا"

Dari Zaid bin Tsabit dia berkata, "Kami menulis Al-Qur'an dari pelepah kurma di sisi Rasulullah SAW, maka Rasulullah SAW bersabda, "Beruntunglah bagi penduduk Syam." Lalu kami bertanya, "Kenapa bisa seperti itu wahai Rasulullah?" beliau bersabda, "Sesungguhnya Malaikat Dzat Yang Maha Pengasih (Allah) telah membentangkan sayapnya di atas negeri Syam." (HR. Tirmidzi)

Adapun tragedi yang menimpa penduduknya kini ini merupakan ujian dari Allah SWT yang nantinya akan mendapatkan balasan kenikmatan yang belipat ganda dari Allah SWT. 

Berikut ini nama-nama nabi dan rasul yang lahir di tanah Palestina sebagaimana disarikan dari berbagai sumber.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nabi dan Rasul yang Lahir di Palestina (1-3)

1. Nabi Sulaiman AS

Putra Nabi Daud AS ini memang lahir di Yerusalem. Allah memberkahi Nabi Sulaiman dengan banyak mukjizat, termasuk kemampuan berbicara dengan hewan dan jin. Nabi Sulaiman memerintah Palestina selama 30 tahun. Dengan mukjizat yang dimilikinya, Nabi Sulaiman memerintah para jin untuk memperbaiki Masjidil Aqsha di Yerussalem.

Jika memasuki kompleks Masjidil Aqsha, kamu akan menjumpai makam Nabi Sulaiman yang dikatakan sebagai tempat dimana ia meninggal dunia sambil memegang tongkatnya.

 2. Nabi Yakub

Nabi Yakub lahir di Palestina dan merupakan putra dari Nabi Ishaq. Israil merupakan nama lain dari Nabi Yakub. Sebagai utusan Allah SWT dari suku Bani Israil, ia menyebarkan pesan tauhid untuk rajin sedekah dan berdoa. Pada akhir hidupnya, ia dimakamkan di Hebron, Tepi Barat, di dalam Masjid Ibrahimi.

3.  Nabi Yusuf

Nabi Yusuf AS ternyata juga merupakan nabi yang lahir di Yerusalem. Ia adalah putra kesayangan Nabi Yaqub AS yang berparas rupawan. Di Palestina bisa ditemukan Situs Jubb Yussef, tepatnya di Galilee, yang diyakini sebagai sumur di mana Nabi Yusuf dilemparkan ke dalamnya oleh saudara-saudaranya. Nabi Yusuf diperkirakan menjadi nabi terakhir yang dimakamkan di Masjid Ibrahimi di Hebron, Tepi Barat Palestina.

Allah abadikan kisah Nabi Yusuf sebagai nabi yang lahir di Yerusalem dalam Al-Quran pada satu surat khusus. Keteguhannya dalam membuktikan fitnah kejam tertera di dalam Surat Yusuf. Ia juga merupakan putra kesayangan Nabi Yakub dan memiliki paras rupawan hingga membuat para saudaranya iri.

Karena cemburu, saudara laki-laki Nabi Yusuf melemparkannya ke dalam sumur yang sekarang dikenal dengan sebutan Jubb Yussef. Sumur tersebut berlokasi di Galilee, sebuah daerah luas yang terkenal dengan danau air tawar terbesar di Palestina, sebelum administrasi wilayah diambil oleh Israel.

 

3 dari 3 halaman

Nabi dan Rasul yang Lahir di Palestina (4-5)

4. Nabi Ishaq

Nabi Ishaq merupakan putra kedua Nabi Ibrahim AS. Beliau dilahirkan di Palestina dan melanjutkan dakwah sang ayah untuk menyebarkan pesan tauhid kepada penduduk bumi.

Makamnya berada di Masjid Ibrahimi di Perbukitan Hebron dan dianggap sebagai situs paling religius dalam Islam. 

5. Nabi Isa

Sebagian besar cendekiawan menyebutkan Nabi Isa AS lahir di Bethlehem (Tepi Barat) dan menghabiskan masa hidupnya di Palestina menyebarkan agama Allah SWT. Banyak mukjizat yang diberikan kepada Nabi Isa, salah satunya bisa menghidupkan orang mati.

Ilmuwan memprediksi bawah Gereja Kelahiran di Tepi Barat dibangun di tempat kelahiran Nabi Isa. Sebuah balok batu di dalam gereja menandai titik pohon palem, di mana ibunya (Siti Maryam) merintih kesakitan selama melahirkan Nabi Isa. Sementara Bukit Zaitun di Yerusalem disebut sebagai situs di mana Nabi Isa diangkat ke langit. 

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.