Sukses

Dikepung Israel, MUI Jelaskan Ayat Al-Qur’an dan Hadis Nabi Tentang Keberkahan Palestina

Keberkahan dan keistimewaan negeri syam.

Liputan6.com, Jakarta - Sabtu, 7 Oktober 2023 kelompok Hamas Palestina melancarkan serangan mematikan hingga mampu menembus pertahanan Israel

Intelijen Israel sendiri mengakui bahwa mereka kecolongan atas serangan tersebut. Aksi represif, pendudukan serta aksi kekerasan militer Israel yang sering terjadi dan menindas warga Palestina menjadi motif serangan oleh kelompok Hamas.

Sejak awal, Hamas memang menjadi kelompok yang paling menentang aksi pendudukan Israel atas Palestina. Namun, terlepas dari itu Palestina menjadi wilayah istimewa dalam ajaran Islam. Ayat Al-Qur’an dan beberapa hadis menyatakan keberkahan dari negeri ini.

Pada masa Nabi SAW, wilayah Palestina dan sekitarnya disebut dengan Negeri Syam. Bila menemukan kata "Syam" pada hadis, maka yang dimaksud adalah wilayah yang meliputi Suriah, Lebanon, Yordania, dan Palestina.

MUI menyebutkan bahwa keberkahan wilayah Palestina dan sekitarnya tersebut abadi dalam Al-Qur'an sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Isrā' ayat 1

‎سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

Artinya: "Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat".

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nabi SAW Turut Mendoakan Keberkahan Negeri Syam

Imam at-Thabari dalam kitab tafsirnya Jami' al-Bayan 'an Ta'wil ayy Al-Qur'an menerangkan maksud firman Allah "Kami berkahi sekelilingnya" ialah tempat yang penuh berkah untuk ditinggali.

Berkah sebagai sumber penghidupan, berkah dalam makanan pokoknya sebagai sumber kekuatan. Berkah karena wilayah ini termasuk paling subur dan mampu menghasilkan komoditas pangan. Padahal, wilayah lain sekitar tempat ini termasuk gersang dan tidak layak dijadikan lahan pertanian. 

Perlu diketahui, bahwa wilayah ini disebut dengan Bulan Sabit Subur karena tingkat kesuburannya yang berada di atas rata-rata daerah lain di sekitar Timur Tengah. Kemudian selain Al-Qur'an, hadis Nabi SAW dengan sangat jelas mendoakan keberkahan wilayah Syam. Nabi bersabda:

‎اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي شَامِنَا وَفِي يَمَنِنَا

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami, pada negeri Syam kami dan negeri Yaman kami." (HR. Bukhari)

Lebih dari itu, terdapat hadis Nabi yang menyatakan keberuntungan negeri Syam, Nabi bersabda:

‎عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ ، قَالَ : كُنَّا عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نُؤَلِّفُ الْقُرْآنَ مِنَ الرِّقَاعِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " طُوبَى لِلشَّامِ ". فَقُلْنَا : لِأَيٍّ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ ؟ قَالَ : " لِأَنَّ مَلَائِكَةَ الرَّحْمَنِ بَاسِطَةٌ أَجْنِحَتَهَا عَلَيْهَا"

Artinya: Dari Zaid bin Tsabit dia berkata, "Kami menulis Al-Qur'an dari pelepah kurma di sisi Rasulullah SAW, maka Rasulullah SAW bersabda, "Beruntunglah bagi penduduk Syam." Lalu kami bertanya, "Kenapa bisa seperti itu wahai Rasulullah?" beliau bersabda, "Sesungguhnya Malaikat Dzat Yang Maha Pengasih (Allah) telah membentangkan sayapnya di atas negeri Syam." (HR. Tirmidzi no. 3954, Shahih)

Demikian penjelasan mengenai keberkahan dan keistimewaan negeri Syam. Atas peristiwa yang terjadi, kita berharap kemenangan dan keadilan akan didapat oleh saudara kita di Palestina. Semoga mereka senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.