Sukses

Penampakan Gerbang Lod, Lokasi Nabi Isa Membunuh Dajjal Jelang Kiamat

Dajjal merupakan musuh besar umat Muslim, memiliki daya tipu yang kuat. Kelak disebutkan dalam sebuah hadis jika nabi isa akan membunuh dajjal di pintu lod, israel. Bangunan itu masih berdiri hingga sekarang.

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa mengenai tanda-tanda datangnya hari akhir atau kiamat tidak pernah lepas dari cerita sosok dajjal yang dicap sebagai pendusta. Dajjal adalah musuh paling nyata bagi umat muslim.

Dajjal memiliki daya tipu yang begitu hebat. Sehingga banyak orang yang akan terjebak ke jalan yang salah.

Manusia laknatullah ini akan terus berupaya menyebarkan fitnah dan menyesatkan umat manusia. Namun dajjal kelak akan dibunuh oleh Nabi Isa AS

Nabi Isa AS disebutkan akan kembali ke muka bumi untuk menegakkan kebenaran dan memberitahukan jalan menuju keselamatan sekaligus membawa misi terpentingnya yaitu membunuh Dajjal.

Dalam beberapa riwayat, Dajjal dibunuh oleh Nabi Isa di sebuah bangunan sebagai penanda pintu masuk kota Lod, Israel. Namanya populer disebut Gerbang Lod.

Bagaimana penampakannya, berikut ulasan lengkapnya dikutip dari laman merdeka.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penampakan Gerbang Lod

Sebuah hadis diriwayatkan dari Mujami bin Jariyah al-Anshari RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Isa bin Maryam akan membunuh Dajjal di Bab Lud (Gerbang Lod).” (HR Ahmad, Turmudzi, dan Nu’aim bin Hamad).

Gerbang yang disebut di dalam hadis tersebut sampai sekarang masih ada dan berdiri gagah di pinggir jalan. Lokasi tepatnya berada di pintu masuk kota Lod. 15 km di tenggara Kota Tel Aviv, Israel, dekat dengan bandara Ben Gurion, atau sekitar 3 km di utara Romlah.

Bangunan berbentuk kotak dan memiliki semacam kubah di atasnya itu ternyata bekas sebuah sumur bernama Zibaq yang berdiri di sebuah tanah milik seorang bernama As’ad Ahmad Haji Yasin.

Rasulullah SAW bersabda “Lalu, turunlah Isa bin Maryam di menara putih di bagian timur Damaskus. Isa menemukan Dajjal di Pintu Lod, kemudian membunuhnya.” (HR. Abu Daud)

3 dari 3 halaman

Hadis Rasulullah tentang Terbunuhnya Dajjal di Lod

Rasulullah SAW pun pernah menceritakan perihal kemunculan Dajjal dan peperangannya dengan Nabi Isa. Rasul bersabda “Ketika sedang tidur, aku bermimpi melakukan tawaf di Ka’bah. Lalu, ada seorang berambut lebat yang meneteskan air dari kepalanya, lalu aku tanyakan siapakah ini? Mereka menjawab, ‘Ibnu Maryam AS’.”

“Kemudian, aku berpaling dan melihat seorang laki-laki yang gemuk, berkulit merah, berambut keriting, matanya buta sebelah, dan matanya itu seperti buah anggur yang masak (tak bersinar). Mereka mengatakan, ‘Ini Dajjal’. Dia adalah orang yang paling mirip dengan Ibnu Qathn, seorang laki-laki dari Khuza’ah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis disebutkan bahwa, “Lalu, turunlah Isa bin Maryam di menara putih di bagian timur Damaskus. Isa menemukan Dajjal di Pintu Lod, kemudian membunuhnya.” (HR Abu Daud)

“Tidak ada satu orang kafir pun yang masih hidup, semuanya terbunuh. Lalu, Isa berhasil menyusul Dajjal di Pintu Lod dan membunuhnya. Lalu, beberapa kaum Muslimin diselamatkan Allah ke hadapan Isa bin Maryam. Ia mengusap wajah mereka dan memberitahukan kepada mereka tentang kedudukan mereka di surga.” (HR. Muslim, Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.