Sukses

4 Nama Kota Makkah yang Disebut dalam Al-Qur'an, Umat Islam Sebaiknya Tahu

Makkah dan Madinah adalah dua kota suci yang banyak disebut dalam Al-Qur'an. Ternyata, di dalam Al-Qur'an, nama Kota Makkah disebut dalam beberapa istilah

Liputan6.com, Jakarta - Makkah adalah kota kelahiran Nabi Muhammad SAW. Baitullah, Ka'bah juga berada di Makkah.

Tak heran jika Makkah begitu pupuler di dunia, terutama di kalangan umat Islam. Sebab, tiap tahun ada jutaan muslim dari seluruh dunia melakukan ibadah haji dan umrah.

Makkah juga merupakan kota yang bersejarah. Di kota inilah, Nabi Muhammad SAW pertama kali diutus.

Dakwah Islam dimulai di Makkah, yang kala itu dikuasai oleh suku Quraisy, sebuah suku terkemuka. Bani Hasyim, puak Rasulullah SAW juga bagian dari suku Quraisy.

Makkah dan Madinah adalah dua kota suci yang banyak disebut dalam Al-Qur'an. Ternyata, di dalam Al-Qur'an, nama Kota Makkah disebut dalam beberapa istilah.

Berikut ini adalah 4 penyebutan kota Makkah dalam Al-Qur'an:

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Makkah

Mengutip laman NU Online, Kota Makkah sebagai tempat suci disebut dalam Al-Qur'an berulang kali dengan beberapa istilah, di antaranya:

Allah SWT menyebut kota Makkah di dalam Alquran sebagaimana yang disebut dalam surat Al Fath ayat 24:

وَهُوَ الَّذِيْ كَفَّ اَيْدِيَهُمْ عَنْكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ عَنْهُمْ بِبَطْنِ مَكَّةَ مِنْۢ بَعْدِ اَنْ اَظْفَرَكُمْ عَلَيْهِمْ ۗوَكَانَ اللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرًا

“Dialah (Allah) yang menahan tangan (mencegah) mereka dari (upaya menganiaya) kamu dan menahan tangan (mencegah) kamu dari (upaya menganiaya) mereka di tengah (kota) Makkah setelah Dia memenangkan kamu atas mereka. Allah Mahamelihat apa yang kamu kerjakan.”

Ayat di atas secara jelas bahwa Allah menyebut kota Makkah. Sebagaimana dengan istilah yang umum dengan saat ini untuk dipakai.

 

3 dari 5 halaman

2. Bakkah

Makkah disebut juga dengan istilah “Bakkah”. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ali Imran ayat 96:

اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ

“Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia adalah (Baitullah) yang (berada) di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.”

Dalam //Tafsir Al-Azhar// karya Buya Hamka, dia menjelaskan ayat di atas menegaskan bahwa Bakkah merupakan nama lain dari negeri Makkah. Tempat yang sejak dahulu didirikan untuk manusia beribadah kepada Allah Yang Maha Esa sebagai lambang Tauhid

Buya Hamka menjelaskan, antara huruf Ba dengan huruf Mim adalah berdekatan makhraj (tempat keluar) hurufnya, huruf bibir. Oleh sebab itu, zaman dahulu orang Arab ada yang menyebutnya dengan Bakkah atau yang disebut juga dengan Baitullah (Rumah Allah).

 

4 dari 5 halaman

3. Ummul Qura

Istilah selanjutnya yang digunakan untuk penyebutan Makkah dalam Alquran yaitu Ummul Qura. Hal ini sebagaimana yang termaktub dalam surat As Syura ayat 7:

وَكَذٰلِكَ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ قُرْاٰنًا عَرَبِيًّا لِّتُنْذِرَ اُمَّ الْقُرٰى وَمَنْ حَوْلَهَا وَتُنْذِرَ يَوْمَ الْجَمْعِ لَا رَيْبَ فِيْهِ ۗفَرِيْقٌ فِى الْجَنَّةِ وَفَرِيْقٌ فِى السَّعِيْرِ

“Demikianlah Kami mewahyukan kepadamu Alquran yang berbahasa Arab agar engkau memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qurā (Makkah) dan penduduk di sekelilingnya serta memberi peringatan tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak diragukan keberadaannya. Segolongan masuk surga dan segolongan (lain) masuk neraka.”

Menurut Ibnu Qutaibah, Makkah disebut dengan Ummul Qura sebab merupakan bagian bumi yang paling lama (لأنها أقدم الأرض).

Selain itu, ada juga yang berpendapat karena Makkah merupakan kota yang kedudukannya paling agung.

 

5 dari 5 halaman

4. Al-Balad

Selanjutnya penyebutan kota Makkah lain yang diabadikan oleh Alqurqn yaitu al-Balad. Dalam surat Al Balad ayat 1 Allah SWT berfirman.

لَآ اُقْسِمُ بِهٰذَا الْبَلَدِۙ

“Aku bersumpah demi negeri ini (Makkah).”

Dalam Tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia disebutkan al-Balad pada ayat di atas merujuk pada kota Makkah.

Allah SWT bersumpah dengan kota Makkah, tempat di mana terdapat Kabah yang dituju oleh manusia dari segala penjuru semenjak didirikan Nabi Ibrahim //alaihissalam// sampai sekarang untuk melaksanakan ibadah haji.

Demikianlah di antara nama lain untuk kota Makkah sebagai tempat suci yang disebutkan dalam Alquran berulang kali. Semoga Allah SWT memudahkan setiap Muslim untuk menziarahi kota yang suci dan diberkahi tersebut, aamiin. Wallahu’alam. (Isyatami Aulia, ed: Nashih)

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.