Sukses

Top 3 Islami: Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha hingga Hewan Kurban yang Datang pada Hari Kiamat

Top 3 Islami: Amalan-Amalan Utama pada Idul Adha hingga Hewan Kurban yang Datang pada Hari Kiamat

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam seluruh dunia merayakan Idul Adha. Berbagai amal dan ibadah dianjurkan pada momen peringatan hari besar umat Islam ini.

Salah satunya, ibadah kurban. Sesuai aturan syariat, hewan ternak yang dijadikan hewan kurban adalah sapi-kerbau, domba-kambing dan unta.

Pernah-pernik seputar Idul Adha, seperti ibadah, amalan, ucapan hingga keutamaan berkurban menjadi top 3 di kanal Islami Liputan6.com, atau artikel yang paling menarik perhatian pembaca.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 70 Ucapan Hari Raya Idul Adha 2023 Indah Penuh Makna, Bikin Hati Adem

Umat Islam dapat memberi kata-kata ucapan saat memasuki hari raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1444 H. Ucapan-ucapan selamat yang sarat makna dapat dibagikan di media sosial (medsos).

Membagikan ucapan Idul Adha 2023 di medsos termasuk syiar yang dapat mendorong semangat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kata-kata yang penuh makna dapat menginspirasi muslim lainnya.

Biasanya ucapan selamat hari raya Idul Adha disertai doa dan harapan. Ajakan mengarah kebaikan dan pesan yang menyentuh hati juga dapat disisipkan dalam ucapan menyambut hari raya Idul Qurban.

Bagi Anda yang ingin memberi ucapan selamat hari raya Idul Adha di medsos, berikut ini ada beberapa referensi yang dapat digunakan untuk memeriahkan medsos di bulan penuh kemuliaan. 

Semoga dengan membagikan ucapan Idul Adha ada nilai kebaikan yang diperoleh. Lebih jauh, semoga kata-kata yang mengandung pesan dapat meningkatkan semangat ibadah seorang muslim terutama dalam menjalankan haji dan kurban.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Kondisi Hewan Kurban yang Datangi Pemiliknya pada Hari Kiamat Berdasar Hadis Rasulullah

Umat Islam dianjurkan berkurban pada hari raya Idul Adha atau setelahnya pada hari Tasyrik. Anjuran berkurban ini terdapat dalam berbagai hadis Nabi SAW.

Adapun hewan yang sah jadi hewan kurban adalah hewan ternak, yakni kambing-domba, sapi-kerbau, dan unta. Umat Islam tidak diperkenankan untuk berkurban dengan ayam, kuda, keledai, dan hewan-hewan di luar tiga jenis yang disebutkan di atas.

Berkurban adalah salah satu ibadah yang disyariatkan dan memiliki sejarah yang diabadikan dalam Al-Quran. Yakni perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya, Ismail AS, yang selanjutnya digantikan dengan domba.

Banyak keutamaan ibadah kurban. Salah satunya bisa dilihat dari hadis Rasulullah SAW

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ إِنَّهَا لَتَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنْ الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Dari 'Aisyah menuturkan bahwa Rasulullah SAW  bersabda, “Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117).

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Catat! Amalan Sunnah Sebelum dan Setelah Sholat Idul Adha

Hari Raya Idul Adha dirayakan tiap tanggal 10 Dzulhijah. Agar makin berkah, umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan untuk menyambut Idul Adha.

Di antaranya yakni puasa Dzulhijah antara 1-9 Dzulhijah, termasuk di dalamnya, puasa Tarwiyah 8 Dzulhijah dan Arafah 9 Dzulhijah. Pada 10 Dzuhijah, umat Islam menunaikan sholat Idul Adha atau Sholat Id.

Pemerintah menetapkan hari raya Idul Adha pada Kamis (29/6/2023).

Agar makin berkah, maka umat Islam dianjurkan melakukan berbagai amalan menyambut Idul Adha, sebelum sholat Idul adha maupun setelah sholat Idul Adha.

Berikut ini adalah amalan sebelum sholat Idul Adha dan amalan setelah sholat Idul Adha, mengutip laman library.umy.ac.id.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.