Sukses

Penyebab Abdurrahman bin Auf Paling Lambat Masuk Surga di Antara Sahabat Nabi

Meski dijamin masuk surga tanpa halangan apapun, khusus Abdurrahman bin Auf, ternyata dia adalah sahabat Nabi yang paling lambat masuk surga

Liputan6.com, Jakarta - Ada sejumlah sahabat Nabi SAW yang akan masuk surga tanpa hisab berkat ridha dan rahmat Allah SWT. Mereka adalah sahabat-sahabat yang dikenal dengan ketakwaan, ketaatan dan keutamaannya.

Seluruh sahabat yang dijamin masuk surga oleh Nabi Muhammad SAW adalah sahabat yang masuk Islam ketika masih berusia muda, atau pemuda. Bahkan, ada pula yang masuk Islam ketika berusia kanak-kanak.

Hadis riwayat Abdurrahman bin Auf:

أبو بكر في الجنة، وعمر في الجنة وعثمان في الجنة، وعلي في الجنة، وطلحة في الجنة، والزبير في الجنة، وعبد الرحمن بن عوف في الجنة، وسعد بن أبي وقاص في الجنة، وسعيد بن زيد في الجنة، وأبو عبيدة بن الجراح في الجنة

"Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, Thalhah di surga, Az-Zubair di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa’ad bin Abi Waqqas di surga, Sa’id bin Zaid di surga, Abu Ubaidah bin al-Jarrah di surga. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan An-Nasai).

Meski dijamin masuk surga tanpa halangan apapun, khusus Abdurrahman bin Auf, ternyata dia adalah sahabat yang paling lambat masuk surga.

Sahabat yang kaya raya ini lebih lambat masuk surga dibanding sahabat Nabi lainnya karena kekayaannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hisab Kekayaan Abdurrahman bin Auf di Hari Kiamat

Mengutip pecihitam.org, Nabi Muhammad SAW bersabda sebagaimana dikutip oleh Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulum al-Din

آخر الأنبياء دخولاً الجنة سليمان بن داود عليهما السلام لمكان ملكه

"Nabi yang paling akhir masuk syurga adalah Nabi Sulaiman bin Dawud ‘Alaihimassalam, karna lama proses hisab kekuasaannya,".

Begitulah Nabi Sulaiman, dan orang kaya lainnya akan lebih lambat masuk surga. Bukan karena faktor pada diri atau karena dosa, tapi memang karena proses hisab kekuasaannya.

Selain Nabi Sulaiman, orang kaya lainnya yang lebih lambat masuk surga dibanding segolongannya adalah Abdurrahman bin Auf. Ia akan menjadi sahabat Nabi yang paling akhir masuk surga.

آخر الأنبياء دخولا الجنة سليمان بن داود عليهما السلام لمكان ملكه ، وآخر أصحابي دخولا الجنة عبد الرحمن بن عوف لمكان غناه

"Nabi yang paling akhir masuk surga adalah Sulaiman bin Daud Alaihissalam karena lamanya proses hisab kekuasaannya. Sahabat-sahabatku yang paling akhir masuk surga adalah Abdurrahman bin Auf karena lamanya proses hisab kekayaannya,".

 

3 dari 3 halaman

Keistimewaan Abdurrahman bin Auf

Sebagaimana kita tahu bahwa Abdurrahman bin Auf merupakan sahabat kaya raya. Ia merupakan pedagang sukses yang tak pernah sekalipun rugi dalam berdagang.

Ketika ditawarkan rumah, isteri dan fasilitas lainnya oleh sahabat-sahabat Ansor, Putra Auf ini menolak. Ia hanya minta diantarkan ke pasar untuk berdagang. Ia pun sukses luar biasa.

Beliau dikenal sebagai sahabat Nabi yang memiliki banyak harta. Sahabat Nabi yang berasal dari Bani Zuhrah ini merupakan sepupu dari Sa’ad bin Abi Waqqas. Dia meyakini agama Islam setelah Abu Bakar. Setelah itu bergabung kedalam kelompok Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, dia merupakan sosok yang begitu tawadhu. Meski mengetahui bahwa dijamin masuk surga, tetapi tidak membuatnya angkuh. Abdurrahman justru seringkali merasa khawatir karena bukan siapa-siapa. Sampai akhirnya beliau wafat dan disemayamkan dekat makam Rasulullah SAW.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.