Sukses

Kisah Nabi Sulaiman AS Menjadi Nabi Terakhir yang Masuk Surga

Umat Islam juga meyakini, tiap nabi dan rasul juga akan masuk surga. Dari semuanya itu, Nabi Sulaiman AS menjadi nabi terakhir yang masuk surga

Liputan6.com, Jakarta - Beruntunglah umat Islam di akhirat kelak. Kalimah tauhid akan membuat tiap mukmin masuk surga, meski dengan cara berbeda, baik proses maupun waktunya.

Umat Islam juga meyakini, tiap nabi dan rasul juga akan masuk surga. Dari semuanya itu, Nabi Sulaiman AS menjadi nabi terakhir yang masuk surga.

Nabi yang terkenal dengan kemampuannya memerintah hewan hingga bangsa jin serta kekayaannya ini akan menjadi nabi terakhir yang masuk surga, karena kekayaannya. Karena semakin kaya seseorang, semakin panjang proses hisabnya kelak.

Mengutip laman pecihitam.org, Nabi Sulaiman sebagai Nabi bahkan manusia terkaya sepanjang sejarah kehidupan manusia. Singgasananya megah, kekuasaannya luas, bahkan ajudan dan pasukannya tidak terbatas dari manusia. Ada hewan, angin bahkan jin. Nyaris sempurna.

Proses hisab harta pertanyaannya dua. Berbeda dengan ilmu, misalnya. Pertanyaannya hanya satu. “Apakah ilmumu kau amalkan” begitulah kira-kira kelak manusia dimintai pertanggungjawaban tentang ilmu.

Kalau kekayaan, ada dua pertanyaan: dari mana kamu memperoleh dan untuk apa kamu gunakan? Jadi wajar kalau orang kaya akan lebih lambat masuk surganya.

Nabi Muhammad SAW bersabda sebagaimana dikutip oleh Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ Ulum al-Din

آخر الأنبياء دخولاً الجنة سليمان بن داود عليهما السلام لمكان ملكه

"Nabi yang paling akhir masuk syurga adalah Nabi Sulaiman bin Dawud ‘Alaihimassalam, karna lama proses hisab kekuasaannya,".

Begitulah Nabi Sulaiman, dan orang kaya lainnya akan lebih lambat masuk surga. Bukan karena faktor pada diri atau karena dosa, tapi memang karena proses hisab kekuasaannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selisih Waktu Masuk Surga dengan Nabi Lain yang Masuk Surga Duluan

Lalu berapakah selisih waktu antara Nabi Sulaiman dengan Nabi lain yang telah masuk surga duluan? Dalam hal ini ada pendapat. Pertama menagatakan 40 tahun. Ini memakai kaidah umum tentang selisih masuk surganya orang kaya dengan orang miskin.

Ini disandarkan pada sabda Nabi yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabrani dalam Mu’jam Al-Awsath

يدخل الأنبياء كلهم قبل داود وسليمان الجنة بأربعين عاما

Semua para nabi masuk surga sebelum Nabi Daud dan Nabi Sulaiman dengan selisih 40 tahun. (HR. At-Thabrani)

Pendapat kedua menyatakan selisihnya setengah abad atau 500 tahun, sebagaimana dijelaskan dalam Mirqah al-Mafatih Juz XIV halaman 288

وورد أن سليمان عليه السلام يدخل الجنة بعد الأنبياء بخمسمائة عام

Telah datang keterangan bahwa Nabi Sulaiman AS menjadi nabi yang terakhir masuk syurga setelah seluruh para nabi dengan selisih waktu lima ratus tahun.

40 ataupun 100 tahun sungguh selisih yang sangat jauh. Tapi kita jangan salah paham. Jangan beranggapan bahwa Nabi Sulaiman, Nabi Dawud alaihimassalam maupun Abdurrahman bin Auf akan lelah dan kewalahan.

Jangankan 500 tahun, 1.000 tahun sekali pun akan terasa sebentar bagi orang yang memang pasti masuk surga seperti Nabi Sulaiman dan Abdurrahman bin Auf.

Walaupun miskin tapi bergelimang dosa, sungguh proses di yaumil mahsyar akan berat terasa. Akhirnya, semoga kita semua menjadi ahli surga bersama para nabi dan kekasih-kekasih Allah. Amin.

3 dari 3 halaman

Sahabat Nabi yang Paling Lama Masuk Surga

Selain Nabi Sulaiman, orang kaya lainnya yang lebih lambat masuk surga dibanding segolongannya adalah Abdurrahman bin Auf. Ia akan menjadi sahabat Nabi yang paling akhir masuk surga. Selengkapnya bisa dibaca di sini

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.