Sukses

Tak Bisa Mudik, Begini Cara Timnas Indonesia U-22 Rayakan Lebaran Jelang SEA Games 2023

Pemain Timnas Indonesia U-22 tak bisa mudik lebaran lantaran harus mempersiapkan diri jelang tampil dalam perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja. Walau begitu, PSSI telah menyiapkan agenda khusus agar para pemain dapat tetap merasakan kehangatan hari raya Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Pemain Timnas Indonesia U-22 tak bisa mudik lebaran lantaran harus mempersiapkan diri jelang tampil dalam perhelatan SEA Games 2023 di Kamboja.

Walau demikian, PSSI ogah membiarkan para penggawa gagal menikmati suasana hari raya Idul Fitri. Untuk itu, federasi sepak bola Tanah Air telah menyiapkan agenda khusus agar Ramadhan Sanantadan kawan-kawan tetap bisa merasakan kehangatan lebaran.

Sekadar informasi, pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri sebelumnya memang telah menegaskan larangan mudik bagi para pemain di Idul Fitri tahun ini.

Langkah tersebut diambil menyusul padatnya agenda pemantapan bagi skuad Garuda Nusantara sebelum berlaga dalam kompetisi olahraga multievent se-Asia Tenggara yang dijadwalkan berlangsung di Negeri Angkor Wat.

“Saya akan bicara dengan pemain, minta pengertian mereka bahwa untuk Lebaran ini tidak libur,” ujar Indra pasca mendampingi Timnas Indonesia U-22 dalam laga uji coba kedua melawan Lebanon di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (16/4/2023) malam WIB.

“Karena memang risikonya tidak semua pemain itu kota asalnya dekat dengan bandara. Ada yang dari bandara jauh, sekitar dua jam ke daerahnya, lalu (ada pula yang) tiga jam," sambung juru taktik berusia 60 tahun itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agenda Lebaran Timnas Indonesia U-22

Guna menyiasati situasi ini, PSSI merancang acara khusus bagi para pemain saat lebaran. Timnas Indonesia U-22 akan menerima kunjungan dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir serta merayakan lebaran bersama di Masjid Al-Bina.

“Tanggal 21 kita dikunjungi oleh pak Ketum (Erick Thohir) dan kita akan lebaran bareng mungkin nanti di Masjid Al-Bina,” papar Indra Sjafri selepas internal match Timnas Indonesia U-22 di Stadion Madya GBK, Senayan, Rabu (19/4/2023) malam WIB.

“Setelah itu kita bikin acara lebaran dengan keluarga pemain di hari kedua atau hari ketiga. Nanti mereka akan hadir, saudara atau bapak ibu mereka ke Hotel Sultan. Tidak ada pemain yang pulang kampung,” sambung sosok kelahiran tahun 1963 itu.

3 dari 3 halaman

Jadwal SEA Games 2023 Kamboja

Timnas Indonesia U-22 memang hanya memiliki sedikit waktu yang tersisa untuk mempersiapkan diri menuju SEA Games 2023 Kamboja.

Ajang olahraga multievent itu sejatinya dijadwalkan bergulir mulai 5-17 Mei mendatang. Namun, cabang olahraga sepak bola akan lebih dulu mengawali persaingannya pada 29 April.

Pihak penyelenggara sebelumnya telah melakukan drawing untuk menentukan pembagian grup SEA Games pada awal bulan ini. Hasilnya, Indonesia menjadi bagian dari grup A bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, serta Timor Leste.

Sementara itu, persaingan grup B bakal diramaikan oleh musuh bebuyutan Indonesia, Vietnam dan Thailand, ditemani tiga negara lain, yakni Malaysia, Singapura, juga Laos.

Simak jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-22 dalam ajang SEA Games 2023 Kamboja berikut ini!

29 April 2023

16.00 WIB: Indonesia vs Filipina

4 Mei 2023

16.00 WIB: Indonesia vs Myanmar

7 Mei 2023

16.00 WIB: Timor Leste vs Indonesia

10 Mei 2023

19.00 WIB: Kamboja vs Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini