Sukses

7 Adab Minum dalam Islam Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, Muslim Wajib Tahu

Liputan6.com, Jakarta Adab minum dalam Islam perlu dipahami oleh setiap muslim. Pasalnya, adab minum ini merupakan teladan dari Nabi Muhammad SAW. Jadi, adab minum dalam Islam merupakan sunah dan sesuai dengan teladan dari Nabi Muhammad SAW.

Adab minum sesuai anjuran Rasulullah SAW berkaitan dengan tindakan dan doa ketika minum. Di antara adab tersebut adalah membaca basmalah, menggunakan tangan kanan, tidak berdiri saat minum, hingga tidak berlebihan.

Adab minum dalam Islam bertujuan agar minuman yang dikonsumsi bermanfaat bagi tubuh manusia. Hal ini tentunya juga berhubungan dengan kesehatan, di mana minuman tersebut nantinya akan bermanfaat untuk tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/4/2023) tentang adab minum dalam Islam sesuai anjuran Rasulullah SAW.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

1. Membaca Basmalah

Adab minum dalam Islam yang pertama tentunya adalah membaca basmalah. Sebelum memulai segala sesuatu, nabi Muhammad SAW menganjurkan setiap muslim membaca basmalah, termasuk dalam minum air. Hal ini berkaitan dengan sabda Rasulullah SAW tentang pentingnya mengawali segala aktivitas dengan membaca bismillah. Berikut bunyi hadis tersebut, yang artinya:

"Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan 'bismillah', maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahannya." (HR Al Khatib).

2. Minum Minuman yang Halal

Minum minuman yang halal juga perlu diperhatikan sebagai adab minum dalam Islam. Hal ini perlu diperhatikan mulai dari sumber rezeki yang didapatkan, proses mengatur rezeki tersebut, sampai dengan berwujud minuman yang akan kamu minum. Kehalalan dan keharaman sumber rezeki dan minuman yang diminum akan memengaruhi perilaku baik atau buruk seseorang.

Kamu bisa meminum minuman yang halal seperti air putih, teh, susu, hingga kopi, dan menjauhi minuman haram seperti khamr. Perihal mengonsumsi minuman halal bisa merujuk pada ayat Al-Quran berikut:

“Hai sekalian manusia! Makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah- langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (Q.S. al-Baqarah:168).

3 dari 4 halaman

3. Menggunakan Tangan Kanan

Adab minum dalam Islam selanjutnya adalah menggunakan tangan kanan. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk menggunakan tangan kanan saat minum. Pasalnya, setan menggunakan tangan kiri. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadits dari Hafsah binti Umar RA,

“Bahwasannya Rasulullah selalu menggunakan tangan kanan untuk makan, minum, dan berpakaian. Dan beliau menggunakan tangan kirinya selain itu.” (HR. Abu Daud)

4. Tidak Minum Sambil Berdiri

Minum sambil berdiri merupakan salah satu larangan yang mungkin sudah familier di telinga kebanyakan muslim. Adab minum dalam Islam satu ini disebutkan dalam sebuah hadits, yang artinya:

“Janganlah seorang di antara kalian minum dengan berdiri, apabila ia lupa, maka muntahkanlah.” (HR. Muslim)

Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu minum dalam keadaan duduk. Dalam segi kesehatan pun, minum sambil berdiri dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Hal ini karena air yang masuk akan tersebar ke dinding perut dan mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan.

4 dari 4 halaman

5. Tidak Berlebihan saat Minum

Adab minum dalam Islam berikutnya yaitu tidak minum secara berlebihan. Hal ini disebutkan dalam Al-Quran. Allah SWT berfirman, yang artinya:

“Makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai segala sesuatu yang berlebihan.” (QS. Al-A’raf: 31)

Segala hal yang berlebihan tida disukai oleh Allah SWT, termasuk minum. Minum secara berlebihan dalam segi kesehatan juga berbahaya bagi tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kamu kembung, keracunan air, bahkan masalah kesehatan lainnya.

6. Mengambil Napas Tiga Kali saat Minum

Sebuah hadis menyebutkan bahwa:

“Rasulullah SAW selalu mengambil napas tiga kali ketika minum.” (HR. Muttafaq Alaih)

Adab minum dalam Islam sesuai anjuran Rasulullah SAW ini maksudnya adalah menghabiskan air minum tidak sekali teguk saja. Nabi Muhammad SAW menyelingi aktivitas minum dengan mengambil napas sebanyak tiga kali. Beliau juga menjauhkan gelas dari mulut untuk bernapas. Hal ini untuk menghindari masuknya karbondioksida dari napas ke gelas, yang nantinya tidak baik untuk kesehatan.

7. Membaca Hamdalah

Adab minum dalam Islam yang terakhir adalah membaca hamdalah. Sama dengan membaca bismillah di awal, kamu juga harus membaca hamdalah dan bersyukur saat sudah minum. Hal ini merujuk pada hadis berikut, di mana Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah Ta'ala menyukai kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid sesudah makan dan minum." (HR. Muslim).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.